Mazda Bantu Fiat Bikin Mobil Sport Alfa Romeo

- detikOto
Jumat, 18 Jan 2013 14:21 WIB
Alfa Romeo (autoblog)
Jakarta - Pabrikan beda benua, Mazda dan Fiat bekerja sama mengembangkan mobil sport Alfa Romeo. Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari proses negosiasi yang dimulai sejak 2012 lalu.

Mazda mulai 2015 nanti akan memproduksi mobil sport dua pintu Alfa Romeo di pabrik Mazda di Hiroshima, Jepang.

Mobil sport Alfa Romeo akan dibangun berdasarkan arsitektur dari mobil Mazda MX-5 dan akan disiapkan sebagai mobil untuk pasaran global.

Mobil ini merupakan jawaban Mazda dan Fiat akan kehadiran si kembar mobil sport Toyota 86 dan Subaru BRZ.

Dalam siaran pers, Alfa Romeo yang dibangun Mazda dan Fiat itu nantinya akan menjadi sebuah mobil berpenggerak roda belakang dan memiliki 2 kursi saja.

Sebelumnya CEO Fiat Sergio Marchionne menuturkan kerja sama ini menunjukkan komitmen Alfa Romeo untuk berkembang di pasar global.

"Dengan berpartner dengan Mazda, kami akan bekerja sama dengan pemimpin di bidang arsitektur kendaraan penggerak roda belakang untuk menghasilkan roadster yang menarik dan stylish sesuai tradisi Alfa Romeo," ujar Marchionne.

Fiat, dikutip Reuters, sudah lama mencari rekan kerja otomotif setelah mengambil alih Chrysler. Fiat menginginkan partnernya itu merupakan pabrikan dari Asia. Hal ini perlu untuk mencapai target penjualan global mereka sebanyak 6 juta di 2014.

Baca juga artikel test drive Mazda MX-5.

(ddn/ddn)