Mantap! Komunitas Bikers Lakukan Aksi Sosial, Bersih-bersih Sirkuit Mandalika

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 22 Mar 2022 09:00 WIB
Tim Bikers Sapu Bersih membersihkan Sirkuit Mandalika
Foto: Dok. Kemenparekraf. Tim Bikers Sapu Bersih membersihkan Sirkuit Mandalika.
Lombok -

Gelaran MotoGP Mandalika 2022 memang telah usai. Tapi masih banyak cerita menarik di seputar penyelenggaraan kompetisi balap motor kasta tertinggi ini. Salah satunya adalah aksi sosial komunitas bikers yang membersihkan Sirkuit Pertamina Mandalika.

Komunitas bikers ini tergabung dalam perjalanan Mandalika Wonderful Ride 2022 yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Salah satu misi yang diemban adalah mengajak masyarakat, khususnya penonton di Sirkuit Mandalika, untuk tetap menjaga kebersihan sirkuit.

Area tribun penonton dan toilet menjadi salah satu sasaran tim yang diinisiasi oleh Bikers Sapu Bersih untuk dibersihkan mengingat dua tempat tersebut banyak dikunjungi.

Tim Bikers Sapu Bersih membersihkan Sirkuit MandalikaTim Bikers Sapu Bersih membersihkan Sirkuit Mandalika Foto: Dok. Kemenparekraf

Selama dua hari gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia, 19-20 Maret 2022, tim Bikers Sapu Bersih melakukan aksi memungut sampah di Zona J dan Zona Biru (General Admisssion) termasuk kebersihan toilet di dekat area tersebut.

"Saya Apresiasi apa yang dilakukan Wonderful Ride. Kebangkitan ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan program yang tepat waktu, guna dan sasaran. Terima kasih kepada komunitas yang ikut membantu," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya.

Deny Wajonk dari Indoclub sebagai ketua rombongan menjelaskan, gerakan ini sengaja dibuat mengingat antusiasme tinggi dari penonton yang hadir di Sirkuit Mandalika untuk melihat ajang MotoGP yang baru kembali ke Indonesia setelah 25 tahun.

Tim Bikers Sapu Bersih membersihkan Sirkuit MandalikaTim Bikers Sapu Bersih membersihkan Sirkuit Mandalika Foto: Dok. Kemenparekraf

"Terlebih Mandalika sebagai salah satu aset berharga untuk dunia motorsport dan pariwisata Indonesia yang pasti menjadi tujuan untuk berwisata. Untuk itu kita harus bisa menjaga sirkuit ini agar bisa terawat dan nyaman untuk dikunjungi khususnya bagian tribun dan kebersihan toilet," kata Deny.

Dalam perjalanan Mandalika Wonderful Ride 2022, komunitas bikers mengunjungi beberapa destinasi wisata, seperti Pantai Selong Belanak, Desa Wisata Tete Batu, serta pusat kerajinan Songket.

Selain itu rombongan touring ini memberi edukasi kepada komunitas motor lokal seputar pengolahan daur ulang sampah dalam rangka membuka peluang kerja bagi masyarakat lokal sesuai dengan program dari Kemenparekraf, yakni Geber Komunitas Kebangkitan Ekonomi Lapangan Kerja.

Simak Video 'Banyak Momen Viral di MotoGP Mandalika, Begini Reaksi Sandiaga Uno':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/dry)