Komunitas Moge Harley-Davidson Lakukan Bakti Sosial untuk Korban Erupsi Semeru

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 22 Des 2021 13:09 WIB
Bikers Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter membantu korban erupsi Gunung Semeru
Foto: Dok. H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter. Bikers Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter membantu korban erupsi Gunung Semeru.
Jakarta -

Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur yang terjadi sejak 4 Desember 2021 menggugah hati masyarakat Indonesia, termasuk para bikers Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter. Komunitas ini pun melakukan bakti sosial untuk membantu warga yang terdampak.

"Selain touring dan gathering, H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter memiliki kegiatan rutin berupa charity. Kegiatan charity ada yang dilakukan secara tetap seperti saat Natal, Lebaran, dan lain-lain, ada juga yang diadakan secara khusus seperti ketika ada bencana alam. Terkait bencana erupsi Gunung Semeru, kami sengaja langsung hadir di sana," ujar Suherli, perwakilan H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter.

Diwakili Henry Eka Putra, Sekretaris Jenderal H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter dan Irawan Sosrodihardjo sebagai Bendahara H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter, tim berangkat menuju Lumajang pada 15 Desember 2021. "Kami juga berangkat bersama mobil ambulans H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter untuk dapat digunakan jika diperlukan selama di Lumajang," jelas Henry.

Bikers Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter membantu korban erupsi Gunung SemeruBikers Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter membantu korban erupsi Gunung Semeru Foto: Dok. H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter

Setibanya di Lumajang, H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter yang berada di bawah naungan diler Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta ini segera mencari informasi dan mengunjungi Posko Pengungsian. "Sesuai arahan Pembina kami, Wahyudi Hidayat dan koordinasi dengan Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yeti Hananto Seno, serta Kapolsek Pasirian, IPTU Agus Sugiarto, kami mendapatkan informasi mengenai daerah yang paling membutuhkan bantuan," jelas Irawan. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), lebih dari 10.000 orang terpaksa mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru.

Bantuan berupa keperluan bayi dan balita, mesin pompa air, alat-alat rumah tangga, dana tunai dan lain-lain pun disampaikan ke beberapa tempat yaitu Posko Pengungsian SMP Negeri 1 Kecamatan Candipuro, Posko Bantuan Logistik dan Penampungan Pengungsi Korban Erupsi Gunung Semeru Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian dan Posko Pengungsi dan Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru Dusun Getting, Desa Condro, Kecamatan Pasirian.

"Kami terharu melihat masyarakat yang berada di Posko Pengungsian sangat gembira dan berterima kasih begitu mengetahui kami datang langsung dari Jakarta," kata Irawan. "Mereka tetap sangat ramah walau dalam kondisi sedang mengungsi. Padahal, secara psikologis tentu bencana ini berdampak juga bagi para pengungsi. Kami berharap kehadiran kami dari H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter dapat menghibur dan sedikit meringankan beban para pengungsi," kata Irawan lagi.

"Sayangnya kami tak diizinkan untuk mengunjungi satu daerah lain yang berada lebih dekat ke Gunung Semeru. Saat kami hendak naik, Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas sehingga kondisi terlalu berbahaya menuju ke sana," cerita Henry. "Kami harap erupsi Gunung Semeru segera berakhir dan para pengungsi dapat segera kembali ke rumah masing-masing," tutup Henry.

(lua/din)