Terpopuler Kemarin

Cerita Chef Juna Ditampar di Acara Klub Motor dan Stiker Bus Akap Segede Gaban

team DetikOto - detikOto
Kamis, 17 Jun 2021 14:50 WIB
Mas Wawul dan Chef Juna Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia
Chef Juna Brotherhoods 1% MC Indonesia Foto: Dok. Eril Pratama

Berita terpopuler lainnya adalah tentang bus-bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang beroperasi di Indonesia, di mana banyak dari bus-bus itu menyematkan merek sasis bus dengan huruf dan angka berukuran besar, tercetak di bodi samping.

Tujuan Perusahaan Otobus (PO) menulis merek sasis di bodi samping bus adalah untuk tujuan edukasi ke konsumen. Tren tersebut dimulai sekitar tahun 2015, di mana sasis premium dari Eropa seperti Mercedes-Benz dan Scania mulai menjadi salah satu pilihan utama PO-PO di Jawa.

Bus PO Putera Mulya dengan tulisan sasis Scania K410 iB yang besarBus PO Putera Mulya dengan tulisan sasis Scania K410 iB yang besar Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Di bus-bus zaman dulu sebenarnya sudah ada (PO yang pasang merek sasis), cuma ya nggak besar huruf dan angkanya," kata Zaenal, kepada detikOto, melalui sambungan telepon, Senin (14/6/2021).

"Di bus-bus zaman dulu sebenarnya sudah ada (PO yang pasang merek sasis), cuma ya nggak besar huruf dan angkanya," kata Zaenal, kepada detikOto, melalui sambungan telepon, Senin (14/6/2021).

Zaenal menjelaskan bahwa tujuan PO mencetak besar-besar nama dan tipe sasis di bodi samping bus adalah untuk tujuan edukasi. Di sisi lain, konsumen juga memiliki preferensi atau kecenderungan terhadap sasis bus dengan brand tertentu.

"Itu buat edukasi ke penumpang, bahwa bus ini pakai sasis mewah, sasis premium. Karena kan di Indonesia, sasis-sasis premium baru-baru ini booming. Di sisi lain, konsumen punya kebutuhan beragam. Ada yang mau naik bus tronton, terus ada juga yang penginnya (naik bus dengan) brand ini. Seperti itu," katanya lagi.



Simak Video "Kata Eddi Brokoli soal Chef Juna Ditampar Petinggi Klub Motor"
[Gambas:Video 20detik]

(din/lth)