Harga Bus Double Decker Rp 3 Miliaran, Bodinya Saja Tembus Rp 800 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 17 Jun 2021 09:43 WIB
Perusahaan karoseri Laksana turut meramikan ajang Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2018 dengan meluncurkan produk terbarunya yakni Legacy SR2 Double Decker alias bus tingkat.
Harga bus double decker bisa mencapai Rp 3 miliar. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta -

Harga bus double decker tidaklah murah. Untuk beli satu unit utuh bus double decker perlu merogoh kocek hingga Rp 3 miliar. Sementara untuk harga bodi saja tembus Rp 800 juta.

Bus tingkat tengah menjadi tren di Indonesia. Banyak Perusahaan Otobus (PO) yang memakai bodi dengan kabin ganda tersebut. Tercatat ada karoseri Laksana, Adiputro, Tentrem, New Armada, Nusantara Gemilang, Rahayu Santosa, hingga Morodadi Prima.

Bus tingkat bodi Legacy SR2 DD buatan karoseri LaksanaBus tingkat bodi Legacy SR2 DD buatan karoseri Laksana Foto: Instagram @laksanabus

Dikatakan Brand & Marketing Communication Manager Laksana, Candra Dewi, untuk bus tingkat buatan karoseri Laksana dengan tipe SR2 Double Decker, harganya bisa mencapai Rp 3 miliar. Itu sudah termasuk bodi dan sasis.

Ditambahkan Bus and Coach Consultant Laksana, Lang Widya Praba Wasista, untuk pembuatan bus Legacy SR2 Double Decker, harga body dengan interior standar start dari Rp 800-an juta.

Bus tingkat pabrik rokok Sukun buatan karoseri LaksanaBus tingkat pabrik rokok Sukun buatan karoseri Laksana Foto: Laksana

"Tapi harga tersebut belum termasuk chassis, jok, AC, dan penambahan toilet, smoking area, ataupun sleeper cabin, dan penambahan opsional lain," kata Lang Widya, kepada detikOto, Rabu (16/6/2021).

Menurut Lang Widya, bus double decker buatan Laksana sudah bisa mengadopsi berbagai merek sasis triple axle atau tronton, mulai merek Mercedes-Benz, Scania, hingga Volvo.

"Chassis yang dapat digunakan tentunya semua chassis yang support untuk dibuat jadi double decker. Selama ini umumnya menggunakan Scania K410 iB, Mercedes-Benz OC 2542 DD, Volvo B11R, dan untuk yang diekspor ke Bangladesh menggunakan sasis Scania K410 eB," ujar Lang Widya.

Dengan harga yang lebih mahal, bus double decker sendiri memiliki banyak keunggulan dibanding bus single deck. Keunggulan bus double decker adalah bisa digunakan untuk banyak kelas, mulai sleeper, super eksekutif, hingga eksekutif. Selain itu, bus double decker umumnya dibekali sistem keamanan yang lebih canggih.

(lua/rgr)