Siapa Karoseri Pembuat Bus Double Decker Pertama di Indonesia?

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 16 Jun 2021 14:47 WIB
bus wisata
Bus Werkudara Solo menggunakan bodi double decker buatan Trisakti. Foto: (Brigida Emi Lilia/d'Traveler)
Jakarta -

Bus double decker sedang menjadi tren di dunia transportasi Indonesia saat ini. Buktinya banyak Perusahaan Otobus (PO) yang menggunakan bus double decker sebagai armada operasional untuk trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Tapi ngomong-ngomong, siapa ya perusahaan karoseri yang pertama membuat bus double decker di Indonesia?

Ternyata bukan karoseri Adiputro, Laksana, ataupun karoseri lainnya. Perusahaan karoseri yang pertama kali membuat bus tingkat adalah karoseri Tri Sakti.

"Seingat saya karoseri lokal yang pertama membuat double decker itu Tri Sakti, tapi digunakan untuk bus wisata dalam kota Solo di era 2010-an," terang Bus and Coach Consultant Laksana, Lang Widya Praba Wasista, kepada detikOto, Rabu (16/6/2021).

PT.  Putera Mulya Sejahtera kembali meluncurkan dua unit bus tingkat (Double Decker) Antar Kota Antar Provinsi. Kali ini jurusan yang dilayani menghubungkan Bogor, Solo dan berakhir di Wonogiri.Bus double decker PO Putera Mulya dengan bodi Adiputro Jetbus 3+ SDD Foto: PT Putera Mulya Sejahtera

Yup, bus double decker buatan karoseri Tri Sakti asal Magelang, Jawa Tengah selesai dibuat pada 2010. Bus tersebut digunakan untuk angkutan wisata di kota Solo, dengan nama Werkudara. Bus ini mulai dioperasikan sejak 2011.

Bus Werkudara Solo bisa menampung total 43 penumpang, 18 penumpang di kabin bawah dan 18 penumpang di dek atas. Soal dapur pacu, bus ini pakai mesin OM 924 LA, 4,8 liter, 4 silinder, yang bisa menghasilkan tenaga 160 kW (218 dk).

Setelah eksis digunakan sebagai bus wisata atau bus perkotaan, bus double decker mulai dibuat untuk kebutuhan trayek bus AKAP, dengan dimensi dan kapasitas mesin lebih besar.

Bus tingkat bodi Legacy SR2 DD buatan karoseri LaksanaBus tingkat bodi Legacy SR2 DD buatan karoseri Laksana Foto: Instagram @laksanabus

"Sekitar tahun 2016 - 2017 karoseri Adi Putro meluncurkan produk double decker-nya dan kalau tidak salah yang dijadikan prototyping dimiliki oleh PO Efisiensi di Kebumen," sambung Lang Widya.

Dalam perkembangannya, tak hanya karoseri Adiputro yang memiliki bus double decker Jetbus 3+ SDD (Super Double Decker), karoseri-karoseri laiinnya juga membuat bus tingkat. Seperti karoseri Laksana yang membuat Legacy SR2 Double Decker, lalu ada Tentrem Avante D2, Nusantara Gemilang Conqueror, ada Rahayu Santosa Jetliner Double Decker, New Armada Skyliner Double Decker, Morodadi Prima Grand Tourismo Double Decker.

Bus tingkat bodi Jetliner Double Deck buatan karoseri Rahayu SantosaBus tingkat bodi Jetliner Double Decker buatan karoseri Rahayu Santosa Foto: Instagram @rahayusantosa_official
(lua/rgr)