Minggu, 11 Nov 2018 08:04 WIB

Rayakan Hari Pahlawan, Bikers Vario Gelar Jambore Nasional

Eko Susanto - detikOto
Rayakan Hari Pahlawan, Bikers Vario Gelar Jambore Nasional. Foto: Eko Susanto Rayakan Hari Pahlawan, Bikers Vario Gelar Jambore Nasional. Foto: Eko Susanto
Semarang - Komunitas bikers sepeda motor Honda Vario mengikuti Jambore Nasional Paguyuban Vario Nusantara (PVN) ke-7 di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Jambore nasional yang dilangsungkan bertepatan dengan Hari Pahlawan ini, juga sekaligus untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Semarang.

Ketua Jamnas PVN ke-7 Sigit Widyantoro Putra mengatakan, peserta Jamnas PVN ke-7 ini datang dari Papua, Makassar, Manado, Bali, Lombok, Kalimantan, Bima, Lampung, Pontianak, Samanrinda dan dari Pulau Jawa semua ikut.

"Dalam Jamnas PVN ke-7 di Ambarawa, kami mengambil tema Keberagaman dalam perbedaan untuk Nusantara," katanya saat ditemui di lokasi Jamnas PVN ke-7 di Lapangan Besar Jenderal Sudirman di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (10/11/2018) kemarin.



"Jamnas pertama di Lampung, Lombok, Malang, Bandung, Solo, Barabai (Kalsel) dan sekarang di Ambarawa," kata dia yang juga Ketua Club Automatic Vario Kota Ambarawa (Avika), itu.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Jamnas PVN ke-7, Koko Qomarulloh menambahkan, dalam Jamnas ini dilakukan pula bakti sosial. Bakti sosial berupa penebaran benih ikan di Rawa Pening dan pemberian perahu kepada kelompok nelayan di Rawa Pening.

Adapun agenda berikutnya untuk Minggu (11/11/2018) hari ini, kata Koko, akan melakukan touring wisata di Kabupaten Semarang. Panitia juga ingin memperkenalkan sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Semarang bagi saudara-saudara berkendaraan Vario se-Nusantara.

"Kami ingin memperkenalkan wisata Kabupaten Semarang meliputi Museum Kereta Api Ambarawa, Museum Palagan Ambarawa, Rawa Pening, Umbul Sidomukti, Candi Gedong Songo dan lain-lain," tuturnya.

Bersamaan dengan Hari Pahlawan Nasional 10 November dilangsungkan pula bakti sosial kepada veteran pejuang.

Sementara itu, salah satu bikers dari Makassar Vario Club (MVC), Awaluddin Arif (35), mengaku, berangkat dari Makassar pada, Jumat (2/11/2018), sendirian. Ia senang sekali bisa bertemu dengan para saudara-saudara PVN.

"Rasanya senang banget, ibarat mau lompat dari ketinggian saking senangnya," ujarnya.



Selain itu, bersamaan dengan dilangsungkan Jamnas PVN ke-7 ini, sebanyak 25 orang komunitas Honda Vario dari Semarang (Vario Semarang), Kendal (Vario Kendal) dan Demak (Vario Rider Club Demak) mengikuti kegiatan Amazing Race yang mengangkat tema Vario Hero Mission. Untuk itu, para bikers diajak menelusuri jejak-jejak sejarah yang ada di Semarang, Ungaran dan Ambarawa.

Para bikers ini diajak untuk menelusuri jejak-jejak sejarah perjuangan bangsa Indonesia meliputi Gedung Sarekat Islam (Semarang), Benteng Port Willem II (Ungaran), Monumen Palagan Ambarawa (Ambarawa), dan Benteng Pendem/Port Willem I (Ambarawa). Kemudian setelah sampai di Ambarawa, mereka bergabung dengan komunitas bikers yang melangsungkan Jamnas Paguyuban Vario Nusantara (PVN) ke-7 di Ambarawa.

Region Head Astra Motor Jateng, Yohanes Kurniawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Pahlawan dan bertepatan dengan adanya Jambore Nasional Paguyuban Vario Nusantara ke-7 di Ambarawa. Pihaknya berharap dengan adanya Amazing Race ini dikemas dalam edukasi sejarah.

"Kegiatan Amazing Race ini kami coba kemas edukasi sejarah dengan cara yang unik dan menyenangkan dan cocok dengan para bikers Honda," terang Kurniawan.

Untuk di setiap pos yang didatangi ini, mereka harus memainkan permainan dan bagi yang menang mendapatkan hadiah. Selanjutnya, hadiah ini akan diberikan kepada satu veteran pejuang.

"Melalui Amazing Race, Honda sebagai Motore Wong Jawa Tengah ingin memberikan edukasi kepada komunitas Vario tentang bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Jawa Tengah khususnya di Semarang dan sekitarnya," ujarnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed