Senin, 12 Feb 2018 06:48 WIB

Melihat Keramaian Jambore Nasional Purworejo Vespa Berirama

Rinto Heksantoro - detikOto
Foto: Rinto Heksantoro Foto: Rinto Heksantoro
Purworejo - Ribuan scooters membanjiri pusat Kota Purworejo, Jawa Tengah dalam gelaran Jambore Nasional Purworejo Vespa Berirama. Berbagai acara, lapak dan juga kompetisi ikut meramaikan ajang tersebut.

Jambore Nasional Purworejo Vespa Berirama dilaksanakan sejak Sabtu (10/2/2018) kemarin dan berakhir pada Minggu (11/2/2018) sore. Ratusan club Vespa dari berbagai penjuru tanah air tumpah di alun-alun kota Purworejo memeriahkan ajang tahunan tersebut.

Berbagai acara seperti pertunjukan musik, sosialisasi safety riding, game dan kompetisi digelar untuk menyemarakkan jambore. Bahkan, lapak yang menjajakan berbagai pernak-pernik serba scooter pun dibuka memenuhi Jalan Dr Setiabudi.

"Berbagai acara ikut meramaikan jambore ke-3 ini, macam-macam ada pertunjukan musik hingga kompetisi. Pesertanya juga ada sekitar 3000 dari seluruh Indonesia," kata ketua panitia penyelenggara Sugiono (40) ketika ditemui detikcom, Minggu (11/2/2018) sore di sela-sela acara.

Sementara itu, ketua seksi kontes Iman Agung Prabowo (40) menuturkan bahwa dalam kontes Vespa dibagi beberapa kelas. Penilaiannya pun juga dilihat dari berbagai kategori.

"Jadi ada kelas Super Sprint, PX Series, Good Looking 50s-60s, Small Frame, dan Modifikasi. Sedangkan yang dinilai meliputi cat, kelengkapan, variasi, kerapian, keserasian, dan mesin," ucap Iman, Minggu (11/2/2018).

Berbagai jenis Vespa pun ikut dalam kompetisi tersebut seperti jenis VBB, VNB, VBC, VB, VL, PX, Exel, PTS, dan special. Bagi yang menang dalam kompetisi tersebut akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

Salah satu peserta asal tuan rumah Purworejo, Widyarsana Garjita (53) sengaja ikut dalam kompetisi tersebut dengan menurunkan Vespa batik khas Purworejo. Vespa jenis 150 super tahun 1975 miliknya memang baru kali ini mengikuti ajan kompetisi nasional, namun ia yakin scooter tua miliknya tidak akan kalah saing dengan scooter lainnya.

"Ini namanya batik satria adipurwa, batik khas Purworejo. Saya garap selama seminggu, ya mudah-mudahan bisa menang," tuturnya di sela-sela kompetisi.

Selain itu bagi warga lain yang ingin mendapatkan doorprize diperkenankan membeli kaos seharga Rp 100.000,' yang akan diundi dengan doorprize utama satu unit Vespa ndog, 4 ekor kambing dan hadiah menarik lainnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan nama Purworejo termasuk pariwisata di dalamnya bisa lebih dikenal di seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, ajang tersebut bisa memupuk tali silaturahmi antara sesama penggemar scooter sesuai dengan tema jambore yakni 'Bersatu untuk Persaudaraan, Satu Vespa Sejuta Saudara'.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed