Komunitas Avanza Veloz Jajal Kemudahan Bayar Tol Tanpa Setop

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 23 Mar 2021 08:10 WIB
Uji Coba Bayar Tol Tanpa Setop
Pemasangan stiker untuk uji coba bayar tol tanpa setop. Foto: Dok. Velozity
Jakarta -

Komunitas Avanza Veloz Velotizy (Veloz Community) menguji coba Radio Frequency Identification (RFID). Dengan teknologi itu, komunitas pengguna Veloz itu menjajal bayar tol tanpa berhenti.

Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, berlokasi di kantor pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk. di Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, sejumlah rombongan secara parsial komunitas Velozity datang untuk pemasangan stiker RFID FLO di kendaraan guna untuk kemudahan dalam bertransaksi di pintu tol.

FLO merupakan sistem pembayaran tol prabayar berbasis Mobile Application dan Sticker yang menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID), serta menggunakan source of fund berbasis Voucher Elektronik (VE). Mobilitas yang tinggi menuntut pengguna kendaraan roda empat untuk mempercepat dan mempermudah dalam berkendara melewati gardu tol untuk aktivitas kantor dan harian. Teknologi ini sedikit banyak membantu kelancaran berlalu lintas karena bisa membayar tol tanpa berhenti.

Uji Coba Bayar Tol Tanpa SetopUji Coba Bayar Tol Tanpa Setop Foto: Dok. Velozity

"Pernah beberapa kali saya mengalami kesulitan saat tapping kartu e-toll di GTO atau sibuk cari struk tol, ternyata dengan FLO ini menjadi solusi untuk kendala yang saya atau mungkin banyak orang alami selama ini", kata Ketua chapter Velozity De Bogor'S, Vina Sasta.

Pengujian RFID untuk bayar tol tanpa setop ini dilakukan oleh Velozity Chapter De Bogor'S sebanyak 70 kendaraan, diikuti oleh 70 member dari Chapter De Bogor'S, JVC, VELBEC dan DVECTA. Penempelan stiker RFID FLO dilakukan pada pukul 14.00 WIB. Dengan tidak mengabaikan Protokol Kesehatan, rombongan dibagi menjadi beberapa rangkaian kendaraan untuk teknis pemasangannya. Hal ini guna agar tidak menimbulkan kerumunan yang ada di kantor pusat PT Jasa Marga (Persero).

Uji Coba Bayar Tol Tanpa SetopUji Coba Bayar Tol Tanpa Setop. Penempelan stiker RFID di mobil milik anggota Velozity. Foto: Dok. Velozity

Sebelum pelaksanaan ini berlangsung dengan lancar, pada malam harinya tim JMTO yang diwakili oleh Putri Kamaril beserta jajarannya selaku Team Business & Marketing Let It Flo, melakukan ngobrol santai sosialisasi secara virtual via zoom dengan peserta komunitas Velozity guna membahas teknis pemasangan dan tanya jawab seputar aplikasi Let It Flo.

"Flo bisa dikategorikan sebagai salah satu bentuk dan support dari PT Jasa Marga (Persero) untuk memutus mata rantai COVID-19 dikarenakan tidak menyentuh Gardu Tol saat penge-Tap-an berlangsung. Juga bisa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di GTO (Gerbang Tol Otomatis), Om dan Tante tinggal atur kecepatan secukupnya saat memasuki GTO dan bisa langsung melanjutkan perjalanan," ujar Business & Marketing Let It Flo PT. Jasa Marga (Persero), Putri Kamaril.



Simak Video "Timbulkan Kerumunan, Konvoi Komunitas Mobil di Gowa Dibubarkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)