Selasa, 29 Okt 2019 15:15 WIB

Laporan dari Jepang

Cara Pencinta Daihatsu Jepang Lestarikan Budaya Lokal

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Kawanishi - Jepang memiliki budaya lokal yang sangat dilestarikan masyarakatnya. Pencinta mobil Daihatsu di Jepang pun turut melestarikan budaya lokal Jepang.

Akhir pekan kemarin, Minggu (27/10/2019), Daihatsu mengadakan acara Love Local Project bersama komunitas pencinta mobil Daihatsu. Acara yang digelar di taman camping di Chimyoko, Kawanishi, itu merupakan ajang memanjakan customer dengan tema Love sky & wood craft camp bagi yang menyukai kegiatan seni kerajinan dan budaya setempat serta berbagai aktifitas fun lainnya.

Cara Pencinta Daihatsu Jepang Lestarikan Budaya LokalFoto: Rangga Rahadiansyah


"Daihatsu ikut berpartisipasi aktif menjaga kelestarian seni budaya lokal, hal ini merupakan bentuk dukungan terhadap masyarakat sekitar, melalui acara Love-Local ini diharapkan mampu mendekatkan Daihatsu dengan customer sekaligus memperkenalkan konsep teknologi Daihatsu yang ramah lingkungan dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara," ujar manajemen Daihatsu Motor Company, Sakakibara.



Komunitas pencinta Daihatsu di Jepang itu melakukan beragam aktivitas menyenangkan, mulai dari mencicipi minuman khas lokal Chesnut Cider dan diajak mengikuti serangkaian workshop membuat beragam kerajinan tangan, mulai dari hiasan rumah berbahan arang, membuat ragam pola seni di kayu dengan metode burning wood, membuat "Kurakawa Dahlia Herbarium" kerajinan yang menghasilkan ragam bunga Dahlia yang ditata cantik di dalam wadah gelas berbahan kaca, dan menikmati kopi yang di-roasted dengan Kikusumi, semacam bahan bakar alami berupa arang dari bunga Krisan.

Cara Pencinta Daihatsu Jepang Lestarikan Budaya LokalFoto: Rangga Rahadiansyah


Acara ini juga menampilkan barang seni unik yang bisa dibeli pengunjung. Di booth Nose Town terdapat stone flower sculpture (ukiran bunga di batu), tersedia juga sajian khas lokal baked potato dan Amago Salmon Fish yang bisa disantap, serta pameran Onwood Shitake (jamur yang menempel pada batang pohon) yang bisa dinikmati sambil melihat pemandangan taman bunga Dahlia.



Di siang hari, peserta diajak mencicipi nasi kari yang dimasak dengan Kikusumi, bagi peserta yang mencari camilan, tersedia juga aneka Hokusetsu, snack manis berbahan Chesnut sambil menyimak penjelasan mengenai aktivitas di outlet Daihatsu Copen Localbase Kamakura, salah satu flagship outlet Daihatsu yang dilengkapi café nan hype.

Cara Pencinta Daihatsu Jepang Lestarikan Budaya LokalFoto: Rangga Rahadiansyah


Komunitas Daihatsu di Jepang menggunakan mobil kei car. Mulai dari mobil mungil lucu berbentuk kotak seperti Daihatsu Tanto sampai mobil kei car yang sporty, Daihatsu Copen.

Total ada 400 pencinta Daihatsu yang meramaikan acara di taman di perbukitan ini. Mereka membawa keluarganya. Anak-anak pun terlihat riang sambil bermain di sungai.

Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com