ADVERTISEMENT

Mobil Klasik nan Langka Buatan Tuksedo Studio di Bali, Harganya Miliaran Rupiah

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 09 Apr 2022 14:38 WIB
Tuksedo Studio di Indonesia International Motor Show 2022
Tuksedo Studio Bali di IIMS 2022 (Ridwan Arifin/detikoto)
Jakarta -

Tuksedo Studio, bengkel yang memproduksi mobil klasik dari nol ini bermarkas di Bali. Tampilan dari hasil garapannya menyerupai bentuk asli, mobil-mobil klasik ini mejeng di Indonesia International Motor Show hingga 10 April 2022.

Tuksedo Studio Bali, merupakan spesialis manufaktur mobil-mobil klasik yang dibuat secara handmade, dan bergerak dalam bidang pembuatan kit car, modifikasi, re-kreasi, hingga restorasi kendaraan.

"Kita cenderung semacam mungkin pengrajin, kita handmade. Kita buatnya dari nol, kita re-creation. Kita buat dengan bahan yang sama di tahun yang itu," ujar Manajer Finishing and Detailing Tuksedo Studio, Hendi saat berbincang dengan detikcom di IIMS 2022, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Berbagai kendaraan klasik yang sudah diproduksi Tuksedo Studio Bali antara lain, Porsche 356 Speedster, Porsche 356 A Coupe, Porsche 550 Spyder, Mercedes Benz 300 SL Gullwing. Kemudian Toyota 2000 GT 1968, Jaguar XK 120, Ferrari 250 GTO, hingga Maserati 450S.

Seluruh pembuatan mobil dirancang dengan tangan lewat alat yang hampir seluruhnya dibuat sendiri. Selanjutnya, proses pengecatan menjadi langkah terakhir saat mobil sudah dites tanpa kendala.

Hendi menjelaskan proses dimulai dari tahap 3D design, rekonstruksi rangka, dan memasang plat alumunium berbobot ringan, hingga tidak melupakan pembangunan aspek estetika dan ergonomi mobil.

"Ini dibuatnya dari lembaran pelat, sampai jadi mobil seperti ini. Awalnya dari blueprint, lalu diterjemahkan menjadi 3 dimensi, kemudian kita bikin lagi dari besi beton (rancangan desain), lalu kita bikin pelatnya. Barulah jadi mobil dari sekian tahapan-tahapan itu," jelas Hendi.

Tuksedo Studio di Indonesia International Motor Show 2022Tuksedo Studio di Indonesia International Motor Show 2022 memerkan Porsche 355 Speedster Foto: Ridwan Arifin

Sementara untuk mesinnya sendiri, Hendi mengatakan pakai dapur pacu mobil lain, namun tetap memiliki silsilah sejarah dari mobil tersebut. Misalnya, Porsche 356 yang dipajang saat IIMS 2022, ternyata dibangun dari mesin Volkswagen Beetle 1300.

"Engine tetap swap, paling susah di aksesoris," ungkap Hendi.

Untuk produksi 1 unit mobil dibutuhkan waktu hingga 1 tahun. Prosesnya pun tak semudah membalikkan telapak tangan.

Tuksedo Studio di Indonesia International Motor Show 2022Tuksedo Studio di Indonesia International Motor Show 2022 memamerkan hasil garapannya Porsche 550 Spyder Foto: Ridwan Arifin

"Kita setahun paling banter keluar bisa 3-4 unit. Karena kita handmade," ujar Hendi.

"Lama produksi dari start, kurang lebih satu tahun. Karena pernak-pernik ini kita beberapa masih impor," tambah dia.

Lalu, berapa harga yang harus dikeluarkan untuk membeli mobil dari Tuksedo Studio?

Dalam daftar menu atau pricelist Tuksedo Studio, misalnya saja Porsche 356 Speedster, di dunia mencapai 655,5 ribu dolar AS, tapi di Tuksedo dijual Rp 1,75 miliar. Atau model lain, Mercedes-Benz 300SL Gullwing ditaksir mencapai 4,05 juta dollar AS tapi di Tuksedo Rp 4,5 miliar.



Simak Video "Bus Listrik Buatan Tanah Air Makin Laris, Berapa Angka Penjualannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT