Melihat dari Dekat Trofi MotoGP buatan Bali

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 07 Apr 2022 21:09 WIB
Trofi MotoGP
Trofi MotoGP Mandalika Foto: (Ridwan Arifin/detikoto)
Jakarta -

Gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2022 tak hanya menampilkan mobil dan motor baru, tetapi juga industri otomotif lain yang berkecimpung. Salah satunya rumah studio asal Bali yang membuat trofi buat balapan kelas internasional seperti MotoGP dan World Superbike di Mandalika.

Tuksedo Studio Bali, merupakan spesialis manufaktur mobil-mobil klasik yang dibuat secara handmade, dan bergerak dalam bidang pembuatan kit car, modifikasi, re-kreasi, hingga restorasi kendaraan.

Tuksedo Studio Bali juga dipercaya oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk membuat trofi bagi para pemenang MotoGP Mandalika. Selain juga membuat trofi bagi pemenang World Superbike, Moto2, Moto3, Asia Talent Cup di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Iya, jadi dulu pertama trofi superbike, kemarin juga MotoGP Mandalika," kata Manajer Finishing and Detailing Tuksedo Studio, Hendi saat berbincang dengan detikcom di IIMS 2022, Kamis (7/4/2022).

Dia mengatakan salah satu yang dipertahankan dari desain trofi ialah bentuk dari Sirkuit Mandalika. Pada WSBK terpasang di bagian samping, sedangkan MotoGP berada paling atas. Sementara bahannya sendiri terbuat dari aluminium.

Trofi MotoGPTrofi MotoGP Foto: (Ridwan Arifin/detikoto)

"Intinya itu semua trofi yang Superbike dan MotoGP. Kita idenya dari bentuk sirkuitnya sendiri, dan kemudian berkembang menjadi seperti yang dilihat sekarang," sambung Hendi.

Pada MotoGP Mandalika lalu, trofi berbentuk obor seperti yang digunakan untuk estafet seperti pada ajang olimpiade. Tuksedo Studio berharap piala yang melambangkan semangat dan kebangkitan Indonesia yang diawali di Mandalika ini dapat diteruskan estafetnya secara berkelanjutan sebagai bukti bahwa Indonesia tak hanya mampu mengadakan event berskala internasional hanya sekali dua kali.

"Ini menjadi kebanggaan masyarakat kita juga (bisa menggelar event internasional," tambah dia.

Sementara api dari obor itu sendiri juga selanjutnya menjadi simbol inspirasi dari bangkitnya perekonomian Indonesia, terutama sektor turisme yang terdampak oleh pandemi dewasa ini, dengan harapan besar agar dapat sama-sama menjaga agar api dari obor ini tidak pernah padam.

Trofi MotoGPTrofi MotoGP Foto: (Ridwan Arifin/detikoto)

Pada gelaran IIMS 2022, Tuksedo Studio juga memamerkan prototipe trofi MotoGP. Pada bagian sisi menampilkan corak motif lokal, sedangkan di bagian atas berbentuk layout Sirkuit Pertamina Mandalika.

Seperti diketahui tiga pebalap MotoGP yang berhasil mendapatkan trofi di Sirkuit Pertamina Mandalika, di antaranya Miguel Oliveira, Fabio Quartararo, dan Johann Zarco.



Simak Video "Warga Serbu Bukit Tonton Langsung MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)