Satu-satunya Motor Listrik yang Jadi Motor Paddock MotoGP Bikinan Cileungsi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 06 Apr 2022 13:35 WIB
Jakarta -

Motor listrik buatan lokal, Gesits, menjadi satu-satunya motor listrik yang dijadikan motor paddock MotoGP. Motor listrik Gesits ini digunakan oleh Pertamina Mandalika SAG Racing Team.

Satu unit motor listrik Gesits dengan livery Pertamina Mandalika SAG Racing Team mejeng di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Direktur Utama PT Gesits Bali Pratama, Sari Suryanti, ini merupakan bentuk kerja sama Gesits dengan Pertamina Mandalika SAG Racing Team.

"Jadi yang (livery) Mandalika itu kita dikasih kerja sama dengan Pertamina Mandalika untuk men-support tim pendamping pembalap dengan livery Pertamina Mandalika. Jadi itu semuanya pakai livery yang di motor pebalap Gabriel (Rodrigo) dan Bo (Bendsneyder), Moto2," ujar Sari kepada detikcom saat ditemui di booth Gesits di IIMS 2022.

Menurutnya, motor listrik Gesits ini dipakai Gabriel dan Bo di Pertamina Mandalika International Street Circuit selama akhir pekan seri Pertamina Grand Prix of Indonesia, Maret 2022 lalu. Sari menyebut, pihaknya menyediakan enam unit motor listrik Gesits yang dijadikan motor paddock tim Pertamina Mandalika SAG Racing Team Moto2.

Motor Listrik Gesits Jadi Motor Paddock MotoGPMotor Listrik Gesits Jadi Motor Paddock MotoGP Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

"Hanya di Mandalika. Rencananya juga dia mengajak kita 22 seri, nah itu kita masih pelajari waktunya," ucap Sari.

Secara spesifikasi, motor listrik Gesits yang dipakai jadi paddock bike tim Pertamina Mandalika SAG Racing Team tak jauh berbeda dengan Gesits yang dijual umum. Hanya, motor ini mendapatkan livery khusus tim Pertamina Mandalika SAG Racing Team.

Motor Listrik Gesits Jadi Motor Paddock MotoGPMotor Listrik Gesits Jadi Motor Paddock MotoGP Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

"Kalau yang spesial livery-nya. Karena itu ada kearifan lokal yang muncul. Mungkin baru satu-satunya kita motor listrik yang ada di paddock. Ada (logo) made in Indonesia, logo yang masuk (selain livery Pertamina Mandalika SAG Racing Team) tuh hanya ini, made in Indonesia by PT WIka Industri Manufaktur dan GBP (Gesits Bali Pratama). Kalau yang lainnya itu sudah dari tim Pertamina Mandalika. Jadi kita tidak mengubah apa pun, livery sama (seperti motor Moto2) Pertamina Mandalika," jelas Sari.

Rencananya, Gesits juga akan memamerkan motor listrik ber-livery Pertamina Mandalika SAG Racing Team di KTT G20. "Karena ingin kita sampaikan bahwa hanya Gesits motor listrik yang bisa masuk di paddock (MotoGP)," ujarnya.

Mau Dilelang

Gesits juga akan melelang motor listrik yang jadi motor paddock tim Pertamina Mandalika SAG Racing Team. Unit yang dilelang adalah motor listrik bertanda tangan pebalap Pertamina Mandalika SAG Racing Team.

"Kita ada yang bertanda tangan Gabriel, cuma masih simpan di bali. Itu akan kita lelang. Kalau ini kita produk kita sendiri dengan tanda tangan Gabriel," ujar Sari.

"Lelangnya mungkin nanti menunggu momen Formula E. Karena Formula E juga sedang menunggu," ucapnya.

Rencananya, Gesits juga akan memamerkan motor listrik ber-livery Pertamina Mandalika SAG Racing Team di KTT G20. "Karena ingin kita sampaikan bahwa hanya Gesits motor listrik yang bisa masuk di paddock (MotoGP)," ujarnya.

Sari bercerita, para pebalap Moto2 dan krunya tertarik dengan motor listrik buatan lokal ini. Menurutnya, mereka yang mencoba motor ini di Pertamina Mandalika International Street Circuit tidak sadar kalau Gesits adalah motor listrik.

"Karena kita juga ikut di dalamnya, ternyata orang otomotif juga nggak tahu itu motor listrik," sebut Sari. "Dia belum pernah coba motor listrik, jadi baru kita kasih coba kemarin itu," katanya.

(rgr/din)