Tua-tua Keladi! Deretan Mobil Lawas yang Masih Dipakai Kebut-kebutan

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 08 Apr 2022 14:39 WIB
Mobil lawas di IIMS 2022
Mobil balap klasik di IIMS 2022 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 tak hanya menyajikan mobil baru, tapi juga jejeran mobil klasik. Menariknya tidak hanya jadi pajangan saja, tapi masih digunakan untuk diajak balapan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor.

Jejeran mobil klasik yang mejeng di area IIMS 2022 ini adalah milik anggota PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia). Temanya agak sedikit berbeda dari biasanya, yakni balap.

"Namanya classic race car display, jadi mobil balap klasik," kata Humas PPMKI, Wendra Triarno saat berbincang dengan detikcom di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Alih-alih hanya sekadar jadi pajangan di garasi, mobil-mobil tua itu masih tangguh di jalan atau bahkan diajak kebut-kebutan di sirkuit sekalipun. Ibarat peribahasa tua-tua keladi, makin tua makin jadi.

Wendra menjelaskan, PPMKI juga punya agenda balap dengan menggunakan mobil klasik. Dalam setahun ada enam putaran. Balapan berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor.

"Di sini ini (PPMKI) ada yang touring, custom, balapan. Kita punya slot khusus di Sentul. Agenda rutinnya ada, dalam setahun enam putaran," terang dia.

Barisan mobil balap klasik ini tentu mengingatkan dengan event Goodwood Festival of Speed. Balapan mobil klasik menarik lantaran bentuknya yang unik.

Mobil lawas di IIMS 2022Mercedes-Benz S Class W108 Foto: Ridwan Arifin

Saat masuk ke dalam area PPMKI, ada Mercedes-Benz S Class W 108 yang dibalut warna kuning mencolok. Ada juga mobil milik pebalap nasional Gerry Nasution yang dibangun dari BMW 2000 TI.

Mobil balap klasik di IIMS 2022Mobil balap klasik di IIMS 2022, BMW 2000 TI Foto: Ridwan Arifin

Tentu jangan membayangkan kalau mobil tua ini hanya sekadar asal memanaskan aspal. Dalam amatan detikcom, jejeran mobil-mobil ini sudah menggunakan roll cage sebagai peranti keselamatan. Wendra mengatakan, mesinnya pun diizinkan untuk melakukan settingan.

Nah, model apa saja yang dipajang PPMKI kali ini?

"Kita ada BMW 2002, Fiat Mirafiori replika Arbarth 131. Alfa Romeo GTV, itu Dodge Avenger atau Chrysler Avenger. Toyopet Corona, Datsun 120-Y Coupe, Dodge atau Chrysler Valiant, ada lagi Datsun triple S atau 150Y, dan Mercedes-Benz S Class W108," terang dia.

Wendra mengatakan PPMKI terbuka untuk siapapun. Bagi yang tertarik bergabung dan berdiskusi lebih lanjut mengenai mobil-mobil klasik nan kuno, bisa menghubungi langsung ke akun instagram @ppmkipusat.



Simak Video "Bus Listrik Buatan Tanah Air Makin Laris, Berapa Angka Penjualannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)