Komodo Listrik Dijual, Siapkan Tanda Jadi Cukup Rp 10 Juta

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 19 Apr 2021 13:17 WIB
Jakarta -

Formula Indonesia (FIN) Komodo bertenaga listrik resmi dilepas ke masyarakat. Saat ini penjualan Fin Komodo listrik dengan nama Bledhex menggunakan sistem pre order.

"Tanda jadi Rp 10 juta," ujar Aviantra Karisma selaku Engineer PT FIN Komodo Teknologi saat ditemui detikcom di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (16/4/2021).

Fin Bledhex dijual dengan harga sekitar Rp300 juta sampai Rp350 juta. Dalam rentang harga tersebut, tenaga dan torsi Fin Komodo Bledhex bisa dipilih sesuai kebutuhan konsumen.

"Sistemnya pre order nanti kita follow up di bulan-bulan berikutnya pengiriman di akhir 2021," ungkapnya.

Mobil off road segala medan ini bisa menampung 2 penumpang plus muatan 200 kilogram. Tenaga mobil dengan versi listrik lebih besar ketimbang dari konvensional yang menggendong mesin 250 cc. Namun kecepatan tetap dibatasi 40 km/jam.

Di atas kertas Fin Komodo Bledhex menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 21 Kwh, dengan waktu pengisian dari titik nol hingga penuh mencapai 3 jam dengan daya 6.000 watt.

Sementara itu tingkat kandungan lokal dari FIN Bledhex saat ini sudah di atas 80 persen. "Baterai untuk selnya dari luar, lainnya semua sudah buatan lokal," ungkap Aviantra.

Bledhex menggunakan basis yang sama dengan versi internal combustion engine model KD 250. Namun untuk versi yang dipajang dalam gelaran IIMS Hybrid 2021 tenaganya lebih besar, bisa melepas 26,8 hp dengan torsi 70 Nm.

Mobil yang diproduksi oleh Ibnu Susilo di bengkel miliknya yang berada di Jalan Kolonel Masturi, Nomor 106 A, Kota Cimahi, Jawa Barat, ini merupakan mobil yang dicipta untuk segala medan.

Dalam kabin terdapat spidometer digital layar sentuh. Mobil juga diklaim aman melintasi genangan air sehingga jika melintas setinggi satu roda.

Sama dengan versi KD250, Fin Komodo memang dirancang khusus sebagai mobil yang cocok digunakan untuk medan off-road, seperti yang memang banyak terdapat di wilayah Indonesia. Kenyamanan dan kemudahan perawatan juga menjadi faktor yang diunggulkan oleh mobil nasional ini.

Mobil FIN Komodo dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia saat ini. Yang pertama sebagai mobil perkebunan dan pertambangan. FIN komodo dapat digunakan untuk patroli dan memantau kondisi kebun atau tambang, hingga membantu perawatannya. Bentuk bodi yang kecil dan ringan sangat bermanfaat digunakan di area perkebunan karena memungkinkan mobil melintas di antara pepohonan yang biasanya tidak mampu dijangkau mobil biasa atau sepeda motor.

(riar/riar)