Senin, 26 Okt 2020 15:00 WIB

Komodo, Mobil Offroad Penghubung Daerah Tanpa Infrastruktur

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil nasional Fin Komodo buatan Cimahi Fin Komodo. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Komodo merupakan spesies biawak besar yang terdapat di Pulau Komodo. Nama Komodo banyak juga dipakai untuk produk otomotif. Salah satunya adalah mobil nasional buatan Cimahi, Jawa Barat, yaitu FIN Komodo.

Fin Komodo merupakan mobil offroad yang dirancang orang Indonesia. Mengusung nama Komodo, tentunya mobil berjenis buggy car ini cocok digunakan untuk menaklukkan medan offroad.

Fin Komodo memang dirancang khusus sebagai mobil yang cocok digunakan untuk medan off-road, seperti yang memang banyak terdapat di wilayah Indonesia. Presiden Direktur PT Fin Komodo Teknologi, Ibnu Susilo pernah bilang kalau daerah terpelosok menggunakan mobil offroad ini, maka tidak akan ada lagi daerah tertinggal. Misalnya, petani di daerah bisa memanfaatkan mobil offroad ini untuk membawa hasil kebunnya setidaknya untuk ke pasar. Walaupun medannya berat di pelosok, mobil Komodo ini tetap bisa jalan.

"Yang saya rancang memang seperti itu, untuk menghubungkan yang tidak ada jalannya menjadi ada jalannya. Yang tidak ada infrastrukturnya jadi tersambung karena Fin Komodo yang untuk segala medan ini," ujar Ibnu beberapa waktu lalu.

Mobil nasional Fin Komodo buatan CimahiMobil nasional Fin Komodo buatan Cimahi Foto: Rangga Rahadiansyah

Mobil Fin Komodo dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia saat ini. Yang pertama sebagai mobil perkebunan dan pertambangan. Fin komodo dapat digunakan untuk patroli dan memantau kondisi kebun atau tambang, hingga membantu perawatannya. Bentuk bodi yang kecil dan ringan sangat bermanfaat digunakan di area perkebunan karena memungkinkan mobil melintas di antara pepohonan yang biasanya tidak mampu dijangkau mobil biasa atau sepeda motor.

Fin Komodo juga menyediakan mobil offroad untuk keperluan militer dan kepolisian. Selain tentunya membantu pelaksanaan patroli, mobil ini juga dapat dilengkapi dengan senapan ringan kaliber 5,56 mm atau 7,62 mm, radar, hingga rudal stringer. Mobil ini juga berguna untuk mengangkut pelaku kejahatan bahkan menjadi robot pengintai. Tak hanya itu, Fin Komodo bisa membantu tim SAR mengevakuasi korban bencana di area yang sulit dijangkau. Adapula mobil offroad Fin Komodo versi pemadam kebakaran.

Fin Komodo juga kerap digunakan untuk kegiatan rekreasi. Tak sedikit pusat rekreasi yang mengandalkan mobil Fin Komodo ini untuk menawarkan pengalaman berkendara offroad.

Mobil nasional Fin Komodo buatan CimahiMobil nasional Fin Komodo buatan Cimahi Foto: Rangga Rahadiansyah

Fin Komodo menggunakan rangka tubular dengan sistem monokok. Ibnu yang punya latar belakang di bidang pesawat terbang merancang Fin Komodo dengan perancangan pesawat terbang sehingga mendapatkan rangka/bodi yang ringan tetapi kokoh untuk digunakan di medan off-road, serta dapat melindungi penumpang dari kondisi yang ekstrem secara aman.

Bodinya dibuat ringan dan kuat dari bahan komposit guna menahan lumpur dan kerikil yang dapat membahayakan pengemudi/penumpang serta untuk kenyamanan berkendaraan.

Fin Komodo dilengkapi dengan suspensi sistem double wishbone yang full independen baik untuk suspensi depan maupun belakang. Dengan suspensi itu, mobil bisa nyaman digunakan pada jalanan aspal, batu, tanah, lumpur baik kondisi kering maupun basah, serta aman bila digunakan untuk jalanan menikung atau yang sifatnya memiliki kemiringan. Bannya tentunya khusus untuk medan offroad yang bisa digunakan untuk jalanan kering maupun basah.

Untuk penunjang performa, Fin Komodo menggendong mesin 4 tak 250 cc dengan torsi maksimal 17,6 Nm pada 5.500 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang.



Simak Video "Viral Video Komodo Nyasar ke PLTD PLN"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com