Jumat, 09 Okt 2020 17:47 WIB

IMX 2020, Ketua MPR Jadi Juri Modifikasi Mobil Bekas Taksi

Yudistira Imandiar - detikOto
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjadi juri di IMX 2020 Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Indonesia Modification Expo (IMX 2020) akan berlangsung mulai Sabtu (10/10). Berbeda dari tahun-tahun yang lalu, pengunjung bisa menyaksikan karya modifikasi dalam pagelaran tersebut secara online. Salah satu agenda menarik dalam event tersebut, yakni kontes modifikasi Live Modz 2020 mobil eks taksi dan karya skuter listrik custom. Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) pun akan menjadi juri dalam kontes itu. Diperkirakan, lebih dari 60 ribu pengunjung virtual akan menyaksikan IME 2020.

Kompetisi Live Modz 2020 mempertemukan tiga karya modifikasi berbasis mobil bekas taksi yang digarap oleh tiga kreator otomotif, yakni Ridwan Hanif Rahmadi, Fitra Eri, dan MotoMobi. Ketiga mobil dinilai oleh dua juri yakni Bambang Soesatyo dan Andre Taulany, dan pemenangnya langsung diumumkan di IMX 2020.

Bamsoet mengapresiasi kreativitas para pelaku industri otomotif, khususnya para anggota National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) yang tak kehabisan akal untuk tetap bisa menggelar IMX 2020 dalam situasi pandemi.

"Berbagai pendukung acara akan tampil langsung di event tersebut, sementara pengunjung bisa menyaksikannya melalui virtual. Pandemi COVID-19 memang mengharuskan kita tak berkerumun, namun bukan berarti lantas menghentikan kreasi untuk berkarya," ujar Bamsoet di Jakarta, Jumat (9/10/20).

Bamsoet mengatakan, penyelenggaraan event melalui virtual memberikan keleluasaan setiap orang di manapun untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini, karena tak lagi terpaku oleh jarak menuju lokasi acara.

"Walaupun dilakukan secara virtual, tak mengurangi semangat penyelenggaraan acara untuk menumbuhkembangkan industri otomotif serta industri modifikasi. Kesempatan menunjukkan karya tetap diberikan kepada pelaku usaha aftermarket, jasa modifikasi, hingga kemunculan mobil modifikasi terbaru dan terbaik karya anak bangsa," ulas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menambahkan, industri modifikasi otomotif termasuk dalam turunan lima sektor bidang manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan dari Presiden Joko Widodo, dalam menguatkan Indonesia memasuki era Revolusi Industri 4.0. Usaha modifikasi otomotif juga termasuk salah satu sektor UMKM yang mampu membuka banyak lapangan kerja sekaligus menggairahkan perekonomian nasional.

"Perputaran uang di segmen usaha modifikasi otomotif sudah mencapai ratusan miliar per tahunnya. Dalam acara IMX 2020 saja menargetkan nilai transaksi hingga Rp 4 miliar. Sebelumnya di tahun 2019, ajang pameran ini mampu mencatat transaksi hingga Rp 3,8 miliar. Bidang usaha modifikasi termasuk yang mampu menyelamatkan perekonomian Indonesia dari keterpurukan," papar Bamsoet.



Simak Video "Sidang Tahunan MPR 14 Agustus, Bamsoet: Jokowi Hadir Secara Fisik"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com