Kamis, 24 Okt 2019 07:41 WIB

Laporan dari Tokyo

Kejutan Toyota di TMS 2019, dari Produsen ke Penyedia Mobilitas

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja
Tokyo - Toyota tahun ini memberi kejutan di pameran Tokyo Motor Show 2019. Tidak ada mobil baru yang benar-benar diluncurkan di pameran ini, padahal biasanya selalu ada model baru.

Alih-alih meluncurkan mobil baru Toyota malah ingin memberikan konsep soal mobilitas di masa depan, dimana orang tidak perlu lagi menyetir, cukup duduk manis saja di mobil. Sebelum Tokyo Motor Show dibuka, Toyota memang sudah mewanti-wanti kalau tahun ini akan sedikit berbeda dari Tokyo Motor Show sebelumnya.

Meski tidak ada mobil baru, CEO dan Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda memulai presentasinya dengan sangat menarik. Awalnya di panggung hanya muncul gambar karikatur Akio Toyoda yang diberi nama Morizo yang menyambut para pengunjung di booth mobil Toyota.

"Hari ini saya yang ingin saya bicarakan bukan soal mobil, tapi soal orang," ujar Morizo mengawali ucapannya.



Kemudian Akio Toyoda asli keluar dari kendaraan listrik otonom yang disebut e-Palette. e-Palette merupakan moda transportasi yang sanggup memenuhi segala kebutuhan kendaraan masa depan.

e-Palette merupakan kendaraan yang siap beroperasi di ajang Olympic dan Paralympic Tokyo 2020, e-Palette merupakan kendaraan elektrifikasi yang berjalan secara otonom untuk nantinya dipakai bersama-sama di seputar venue Olimpiade sebagai sarana mobilitas pengunjung, staf, dan peserta secara aman, cepat, dan nyaman.

Kejutan Toyota di Tokyo Motor ShowFoto:dok Toyota


"Mobil ini akan debut di Olimpiade 2020, di masa depan kendaraan ini bisa menjadi mobil toko, atau hotel atau layanan bergerak lainnya. Booth kami tahun ini tanpa 'mobil yang akan diluncurkan tahun depan' Semua yang ditemukan di booth ini adalah bentuk mobilitas yang terkait dengan lingkungan dan komunitas yang menyediakan moda transportasi dan memberikan layanan kepada masyarakat. Wow, bagaimana pendapat Anda, menarik bukan melihat masa depan yang dipenuhi oleh mobilitas seperti ini," ujar Toyoda dengan antusias.

Toyota sendiri memang sudah bergerak dari sekedar perusahaan pembuat mobil menjadi perusahaan mobilitas yang menyediakan kendaraan bagi semua kalangan. Meski menjadi perusahaan mobilitas, Toyota tetap akan menyediakan mobil yang menarik untuk pencintanya, seperti Supra dan lain-lain

Selain e-Palette ada beberapa layanan mobilitas lain seperti e-trans, micro pallete, e-chargeair, e-care, e-4me, e-racer, THR3, HSR, walking area BEV, e-broom alias sapu listrik yang bisa berjalan.

Meski di boothnya minim mobil yang produksi massal, pengunjung masih bisa melihat mobil yang baru diluncurkan seperti Yaris yang kini memiliki desain yang lebih modern, atau mobil bertenaga hidrogen atau Mirai yang beberapa hari lalu sudah diperlihatkan ke kalangan media, ada juga mobil konsep LQ, Ultra Compact BEV, CUE, Miraitowa and Someity, APM, walking area BEV, serta Manned Pressurized Rover.

Simak Video "Sisi Futuristik e-Racer, Mobil Balap Berteknologi Otonom "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com