Rabu, 23 Okt 2019 14:25 WIB

Laporan dari Jepang

Mobil Masa Depan Toyota yang Aduhai Cantiknya

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota Mirai Foto: Dadan Kuswaraharja Toyota Mirai Foto: Dadan Kuswaraharja
Tokyo - MiraiToyota tidak mau menunggu lama untuk memperlihatkan mobil baru mereka yang sangat keren, Mirai. 2 Hari menjelang pembukaan Tokyo Motor Show untuk kalangan umum dan masyarakat, Toyota sudah memperlihatkan Mirai kepada wartawan di sebuah hotel di kawasan Odaiba, Tokyo.

"Ini Mirai, mobil masa depan, mobil yang sangat menarik dengan desain yang menawan, menggoda Anda untuk menginjak pedal gasnya, dan fun to drive. Bagaimana Anda melihatnya? Ini model yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya," ujar Yoshikazu Tanaka, Kepala Insinyur Toyota Motor Corporation untuk pengembangan Mirai kepada wartawan termasuk wartawan detikcom Dadan Kuswaraharja di Odaiba, Tokyo, Selasa (22/10/2019).

Mobil memang lebih cantik dari pendahulunya yang terbilang kaku. Sekarang Mirai lebih cantik berkat desainnya yang mirip sedan coupe. Mobil yang dipamerkan ke hadapan wartawan dari seluruh dunia itu memiliki warna biru yang menyala namun tetap elegan.



"Mobil menggunakan platform yang baru dengan sistem sel bahan bakar yang baru. Desainnya berubah total, kami memulai kembali desain mobil secara awal dari scratch," ujarnya.

Lampu depannya sipit, dengan grille berbentuk garis-garis tipis. Pelek (20 inci) dan bannya sudah lebih besar dan lebar karena mobil dibuat Toyota lebih panjang dibanding model lama. Sebagai perbandingan dari sisi dimensi, mobil punya panjang 4.975 mm (+85 mm), lebar 1.885 mm (+70 mm), tinggi 1.470 mm (-65 mm), dan wheelbase 2.920 mm (+140 mm).

Kombinasi dimensi seperti ini memastikan 5 penumpang merasa nyaman di dalam, tapi mobil tidak kehilangan aroma sporty dan dinamis saat dikendarai.

MiraiMirai Foto: Dadan Kuswaraharja


Ke dalam, penumpang akan disuguhi kabin lapang, posisi duduk rendah dan suportif, dengan area kokpit dikuasai oleh sepasang monitor 12,3 inci di balik kemudi dan di tengah dasbor.

Kesan simpel yang disajikan berpadu apik dengan desain keseluruhan kabin yang kokoh dan karismatik. Toyota mengklaim ada ubahan dalam sistem pengolahan gas hidrogen dan tangki penyimpan yang membuat Mirai memiliki jarak tempuh lebih jauh hingga 30% dari generasi awal.


Mirai juga memiliki aliran tenaga yang lebih halus dan tidak seketika ala mobil listrik, namun tetap responsif ketika dibutuhkan. Ia juga memiliki kecakapan pengendalian yang lebih optimal dan begitu menggairahkan di jalan dengan mengandalkan sistem penggerak roda belakang.

Mobil akan dipamerkan di Tokyo Motor Show yang mulai dibuka untuk umum pada 24 Oktober 2019. Namun sebelum dibuka untuk umum, Tokyo Motor Show Rabu besok 23 Oktober dari mulai pukul 08.00-18.00 waktu Jepang.



Simak Video "Sisi Futuristik e-Racer, Mobil Balap Berteknologi Otonom "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com