Jumat, 26 Jul 2019 09:14 WIB

Outlander PHEV Bisa Dijadikan Powerbank Kalau Listrik Rumah Mati

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mitsubishi Outlander PHEV. Foto: Rangga Rahadiansyah Mitsubishi Outlander PHEV. Foto: Rangga Rahadiansyah
Tangerang - Mitsubishi telah meluncurkan mobil berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), berupa Outlander PHEV. Mobil tersebut diluncurkan di arena GIIAS 2019 dan dibanderol Rp 1.289.000.000.

Tak cuma menawarkan diri sebagai kendaraan ramah lingkungan, Outlander PHEV juga bisa menjadi powerbank. Maksudnya, dalam kondisi darurat Mitsubishi Outlander PHEV bisa menjadi sumber listrik di rumah, misalnya saat mati listrik atau saat terjadi bencana yang membuat aliran listrik terputus.

Mitsubishi Outlander PHEV.Mitsubishi Outlander PHEV. Foto: Rifkianto Nugroho



Irwansyah Siregar Head of Technical Service & CS Support Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membenarkan Outlander PHEV bisa menjadi genset atau berfungsi seperti powerbank.

"Memang dia pada saat kondisi baterai penuh, bisa dijadikan seperti power bank, tapi dibatasi sampai 1.500 watt dayanya," kata Irwansyah di arena GIIAS 2019 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (25/7/2019).

Mesin Outlander PHEV.Mesin Outlander PHEV. Foto: Ari Saputra


Caranya, kata Irwansyah, terdapat colokan di bagasi belakang Outlander PHEV. Jika dibutuhkan untuk menjadi powerbank, tinggal colok saja beban yang mau dipasang.

"Misalnya lampu, kulkas atau apa tinggal colok saja di bagasi belakang. Memang hanya 1.5 kWh maksimal yang bisa dikeluarkan," sebut Irwansyah.


Kata dia, jika kondisi baterai terisi tinggal nyalakan mobil saja tanpa mesin menyala. Namun, jika baterai tinggal 20%, otomatis mesin bensin akan menyala untuk mengisi daya ke baterai.

"Kalau misalnya baterai full, bensin full, mati lampu berapa hari bisa panjang itu. Baterai habis, bensin full tank bisa jalan terus," katanya.

Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com