Kamis, 25 Apr 2019 12:53 WIB

IIMS 2019

Nggak Pakai Quick Count, Produksi Mobil di RI Tembus 1 Juta Unit

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Menperin Airlangga Hartarto di booth Nissan di arena IIMS 2019 Foto: Pradita Utama
Jakarta - Industri otomotif di Indonesia turut menyumbang pemasukan untuk negara. Tahun lalu, produksi mobil di Tanah Air tembus lebih dari 1 juta unit. Ekspornya pun mencapai ratusan ribu unit.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyinggung kinerja industri otomotif tahun 2018. Kata dia, produksi tahun lalu mencapai 1,34 juta unit.



"Bukan berdasarkan quick count, kapasitas tahun 2018 produksi kendaraan roda 4 atau lebih tahun 2018 mencapai 1,34 juta unit atau setara USD 13,76 miliar, dengan ekspor sebesar 346 ribu unit atau setara USD 4,78 miliar di tahun yang sama," kata Airlangga.

Dia berharap industri otomotif bisa terus menggenjot ekspor kendaraan bermotor. Dengan pencapaian 300 ribu unit ekspor tahun lalu, Airlangga berharap tahun ini ekspor mobil bisa meningkat menjadi 400.000 unit.



"Industri otomotif nasional sebagai salah satu sektor andalan dalam roadmap Making Indonesia 4.0, diharapkan pada tahun 2030 dapat menjadi basis produksi kendaraan bermotor Internal Combustion Engine (ICE) maupun Electrified Vehicle untuk pasar domestik maupun ekspor dengan didukung oleh kemampuan industri dalam negeri dalam memproduksi bahan baku dan komponen utama serta optimalisasi produktivitas sepanjang rantai nilai industri tersebut," kata Airlangga.

Selanjutnya, di tahun 2025 pemerintah menargetkan 20 persen dari total produksi kendaraan di Indonesia sudah mendapat sentuhan elektrifikasi. "Sehingga dapat mendukung komitmen Pemerintah Indonesia untuk dapat menurunkan emisi gas rumah kaca (CO2) sebesar 29% pada tahun 2030 tanpa bantuan internasional, sekaligus menjaga kemandirian energi nasional," katanya.

Nggak Pakai Quick Qount, Produksi Mobil di RI Tembus 1 Juta Unit
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com