Kamis, 02 Agu 2018 13:32 WIB

Ditanya Esemka, Jokowi: Kalau Harga Mahal Susah Masuk Pasar

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Mobil Esemka (Foto: Bayu Ardi Isnanto) Mobil Esemka (Foto: Bayu Ardi Isnanto)
Tangerang - Pertama kali dikembangkan pada tahun 2007, mobil buatan anak bangsa Esemka belum juga terlihat memenuhi jalanan-jalanan di Tanah Air. Pabrik Esemka pun sudah didirikan di Boyolali, Jawa Tengah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal mobil yang pernah digunakan saat menjabat wali kota Solo. Jokowi sendiri meminta untuk bersabar terkait dengan mobil Esemka.



Orang nomor satu RI itu menyebut belum hadirnya Esemka sampai saat ini karena harus mempertimbangkan masalah harga. Akan percuma nantinya jika Esemka sudah diproduksi tapi harganya tidak kompetitif. "Kalau harganya tidak kompetitif akan sulit masuk pasarnya," ujar Jokowi di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (2/8/2018).




Apa lagi lanjut mantan Gubernur Jakarta itu, di tengah ketatnya persaingan di pasar roda empat Indonesia jika cuma mengandalkan keelokan mobil tanpa didukung harga yang pas dengan kantung konsumen akan percuma.

"Ini kan persaingan makin ketat kompetisi ketat, belum tentu setiap mobil bagus di dalam desain atau mungkin konten lokalnya juga tinggi kalau harganya mahal sulit," tutur Jokowi.



Tonton juga video 'Airlangga di GIIAS: Industriawan Dukung Jokowi 2 Periode'

[Gambas:Video 20detik]



Ditanya Esemka, Jokowi: Kalau Harga Mahal Susah Masuk Pasar
(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed