Senin, 23 Apr 2018 16:31 WIB

Mobil Raksasa di IIMS 2018, Nyala 3 Menit Habiskan 25 Liter BBM

Ruly Kurniawan - detikOto
El Toro Loco, Mobil Raksasa di IIMS 2018. Foto: Ruly Kurniawan El Toro Loco, Mobil Raksasa di IIMS 2018. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Banyak hal menarik di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 kali ini. Mulai dari jajaran mobil baru, mobil klasik, modifikasi, motor Presiden Joko Widodo, sampai mobil berwujud pick up raksasa, El Toro Loco.

Monster truk yang didatangkan langsung oleh PT Dyandra Promosindo, penyelenggara IIMS 2018 dari Amerika Serikat (AS) ini mejeng di area outdoor JIExpo, Kemayoran, Jakarta yakni Wheel of Giant bersama Indonesia Offroad Federation (IOF). Dengan badan yang bongsor serta desain unik membuat El Toro Loco menjadi pusat perhatian pengunjung.



Selain badan yang unik dengan memakai rangka bodi 3D dengan tanduk di atas atapnya, ada hal yang cukup menghebohkan dari mobil ini. Yakni bisa menghabiskan 25 liter bahan bakar berupa alkohol atau bensin dalam tiga menit saja. Torehan tersebut dihitung kala El Toro Loco berjalan.

"Di tiap kejuaraan, dia bisa habiskan 20 sampai 25 liter alkohol tiap tiga menit sebagai bahan bakarnya. Kalau yang di IIMS 2018 ini sudah ada penyesuaian sehingga sudah bisa pakai bensin. Tapi konsumsinya kuranglebih sama kalau disuruh jalan. Jadi, bisa kehitung deh kalau nyalakan berapa menit sudah menghabiskan berapa bensin," kata salah satu anggota IOF saat berbincang bersama beberapa wartawan di IIMS 2018, JIExpo Kemayoran, Jakarta, kemarin (22/4/2018).

Sesuai dengan perhitungannya, kalau mobil menyala hampir selama 15 menit tanpa harus berjalan El Toro Loco sudah meminum bahan bakar bensin ataupun alkohol sampai 30-35 liter.

Tidak sampai di sana, kejutan lain di balik tubuh kekar El Toro Loco adalah ternyata mobil hanya dibangun selama tiga minggu. Sulit dicerna memang, bagaimana mungkin dengan tingkat kerumitan dan keamanan yang tinggi mobil monster seperti itu bisa dibuat dalam waktu singkat.

"Semuanya custom mulai dari body, rangka, hingga gardan mobil. Proses pembuatannya memakan waktu 3-4 pekan," kata Builder sekaligus pemilik El Toro Loco, Dan Evans, saat menjelaskannya kepada wartawan di kesempatan tersebut.

"Biayanya? Ya sekitar 250 ribu Dollar AS (Rp 3,4 miliar bila dirupiahkan-Red)," lanjutnya.



Setelah berbincang singkat, Dan Evans yang datang bersama sang istri, Mrs. Lawry pun menyempatkan bertegur sapa kepada pengunjung IIMS 2018. Tak lupa ia juga sempat menyalakan mesin El Toro Loco, sehingga seluruh ruang di sekitarnya terpaku oleh suara ganas dan kekar mobil monster tersebut.

El Toro Loco diproduksi oleh SFX dan PACE Motorsport pada 2002 dan merupakan salah satu monster pertama yang memakai rangka bodi 3D dengan tanduk di atas atapnya. Desain pada El Toro Loco awalnya dibuat untuk Bulldozer.

Untuk menggerakkannya, El Toro Loco menyandang mesin V8 berkapasitas 8.800 cc dengan tenaga maksimum 1.000 daya kuda untuk versi eksibisi seperti penampilannya di IIMS 2018 kali ini. Namun untuk aksi balapan dan freestyle di Amerika Serikat, tenaga mobil ini dinaikkan menjadi 1.600 daya kuda.

Berkat penampilan sensasionalnya di Monster Jam, El Toro Loco menjelma menjadi truk dengan gaya paling populer tak hanya di kalangan pencinta otomotif tapi juga anak-anak. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed