Jumat, 20 Apr 2018 15:55 WIB

IIMS 2018: Apa Beda Honda Goldwing untuk Paspampres Jokowi dan Versi Biasa?

Dina Rayanti - detikOto
Apa Beda Honda Goldwing untuk Paspampres Jokowi dan Versi Biasa? Foto: PT Astra Honda Motor Apa Beda Honda Goldwing untuk Paspampres Jokowi dan Versi Biasa? Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta - Presiden Joko Widodo sempat menjajal duduk di atas moge terbaru Honda Goldwing pada pembukaan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) kemarin. Motor ini kata Jokowi cocok untuk digunakan oleh Pasukan Pengaman Presiden alias Paspampres.



Honda Goldwing sebenarnya bukanlah sesuatu yang asing bagi Paspampres Jokowi karena Paspampres saat ini sudah menggunakan motor tersebut untuk mengawal Jokowi. meski begitu, tidak ada perbedaan khusus moge yang diperuntukkan bagi pengawal Jokowi atau kalangan umum.

"Yang sudah dipesan sih tidak ada perbedaan signifikan dengan yang memang kita produksi secara global atau secara massal," ungkap Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya saat ditemui pada ajang IIMS 2018 di Arena JI Expo Kemayoran, Jakarta.



Moge buat Paspampres itu beber Thomas, didatangkan langsung oleh AHM dari Amerika dan juga Jepang.

Kalau Otolovers berminat, bisa memesannya melalui diler-diler Big Wing Honda. Untuk tahap pertama, Thomas menjelaskan akan ada 10 unit kuota yang disediakan oleh AHM dan tengah dipajang di IIMS 2018.

Honda Gold Wing hadir dibekali mesin 1800cc berpendingin cairan 6 silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan menjadi ciri khas elemen utama dari karakternya yang kaya. Meskipun dengan layout umum yang sama, banyak hal telah disempurnakan untuk membuat mesin ini lebih kompak, irit dan ringan dengan maksimum power 92.9 kW pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4500 rpm.



Model ini memiliki transmisi canggih dengan 7 kecepatan Dual Clutch Transmission (DCT) generasi baru yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode, bobot mesin Honda Gold Wing saat ini lebih ringan dibandingkan model sebelumnya, mesinnya diletakkan didepan pada casis untuk distribusi berat yang lebih ideal.

Silinder bore yang digunakan pada model ini lebih kecil, crankshaft yang diperbarui, serta penggunaan Unicam® valve train layout. Efisiensi pembakaran juga menjadi lebih baik dengan penggunaan 4 katup di setiap silinder mesin, sementara gesekan pada pinggiran piston menjadi lebih kecil dengan pengaplikasian lapisan molybdenum.

Dengan bobot keseluruhan yang lebih ringan serta aerodimika model yang telah diperkuat sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, Honda berhasil mengurangi kapasitas tanki dengan tetap mempertahankan jarak tempuh yang mengagumkan seperti model sebelumnya. Perubahan juga dilakukan pada sistem intake untuk torsi dan respons motor yang lebih baik, serta update pada sistem pembuangan yang menitikberatkan pada personalitas motor yang lebih hidup melalui suara knalpot yang lebih dalam.

Sasis yang digunakan untuk model ini telah melalui rangkaian tahap penyesuaian untuk meningkatkan manuverabilitas di kecepatan rendah dan tetap menjaga stabilitas di kecepatan tinggi. Honda Gold Wing menggunakan frame twin-spar alumunium yang diwelding menggunakan robot dengan plates yang memiliki ketebalan baru dan dipasangkan dengan struktur pivot-area baru. Frame dan swingarm baru ini berhasil mereduksi bobot motor yang mana apabila dikombinasikan dengan titik rendah gravitasi dan pemusatan massa yang lebih baik dapat berkontribusi signifikan terhadap kelincahan dari Honda Gold Wing ini.

Suspensi yang digunakan oleh model ini meliputi sistem suspensi depan double-wishbone baru dan peredam shock depan dan belakang Showa. Untuk kenyamanan yang lebih sempurna, Honda Gold Wing menggunakan konfigurasi suspensi belakang Pro-Link® dengan reaksi progresif. Redaman suspensi serta preload diatur secara elektronik di model ini.

Sistem pengereman pun telah ditingkatkan melalui pemasangan kaliper depan serta rotor yang lebih besar yaitu 320mm. Model ini juga menggunakan sistem pengereman C-ABS yang diatur secara elektronik yang berfungsi untuk mendistribusikan gaya pengereman ke roda depan dan belakang.

Honda Gold Wing hadir dengan 2 warna pilihan yakni Candy Ardent Red dan Pearl Glare White yang dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp.1.010.000.000,- Model ini dipasarkan secara eksklusif di 11 showroom Big Wing di 9 kota besar di Indonesia. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed