Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 16 November 2016, 16:18 WIB

Konsultasi Seputar Oli

Pelumas Pertamina untuk Pajero Sport dan Kawasaki D-Tracker

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Pelumas Pertamina untuk Pajero Sport dan Kawasaki D-Tracker Foto: PT Pertamina Lubricants
Jakarta - Hallo detikOto, saya ingin bertanya, pelumas Pertamina jenis apakah yang direkomendasikan untuk mobil Pajero Sport GLX 4x4 M/T tahun 2013 dan untuk motor Kawasaki D-tracker tahun 2015

Terima kasih

Sinarriya


Jawaban:

Baik, terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Mari kita bahas pelumas yang cocok untik kendaraan pertama yakni Mitsubishi Pajero Sport.

Rekomendasi kami adalah menggunakan FASTRON DIESEL SAE 15W-40 yakni minyak pelumas mesin diesel sintetik berkualitas tinggi dengan kekentalan ganda (multigrade) yang direkomendasikan untuk kendaraan mesin diesel modern putaran tinggi khususnya untuk mesin diesel system direct injection dengan teknologi gas buang rendah emisi.

FASTRON DIESEL SAE 15W-40 memenuhi tingkatan mutu API CI-4 dan juga memenuhi persyaratan untuk tingkatan mutu CH-4/CG-4/CF-4/CF/SL, ACEA A2-96, E2-96, B3-98, MB 228.1, previous MB 229.1, MAN 3275/271, Volvo VDS-3, MACK EO-M Plus, Cummins 20076/77/78, Japanese Engine TD 25, 4W34T4, dan CAT ECF-2.

Keunggulan dari Fastron Diesel ini adalah memiliki kekentalan ganda yang stabil yang memberikan akselerasi dan perlindungan optimal terhadap mesin pada saat start up dan operasi pada temperatur tinggi.

Lalu memiliki ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan panas sehingga mampu memberikan perpanjangan masa pakai pelumas.

Di samping itu, tingkat penguapan pelumas juga rendah sehingga pemakaian pelumas lebih irit dan pelumasan optimal lebih terjamin. Fastron Diesel juga mencegah pembentukan deposit pada piston dan menjaga kebersihan mesin sehingga umur mesin lebih panjang serta memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengontrol soot dan menetralisasi asam hasil pembakaran.

Untuk pertanyaan kedua, pelumas yang cocok untuk Kawasaki D-tracker tahun 2015 bisa menggunakan antara Enduro Racing 4T 10w-40 JASO MA2 atau Enduro 4T Sport 5w-30 JASO MA2.

ENDURO 4T SAE 10W-40 adalah pelumas motor empat langkah dengan kekentalan ganda berkualitas tinggi yang diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif pilihan dan telah lolos pengujian variable speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil sehingga dipastikan tidak menyebabkan selip pada kopling saat pemakaian di lapangan.

ENDURO 4T RACING SAE 10W-40 ini direkomendasikan untuk motor empat langkah merek Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya.

Pelumas ini juga dapat digunakan untuk motor empat angkah buatan Cina dan Korea.

Adapun beberapa keunggunlan Enduro Racing adalah dapat mencegah terjadinya slip pada kopling basah, memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperatur rendah dan tinggi, pelumas SAE 10W-40 yang sesuai dengan sepeda motor generasi terbaru serta akselerasi tinggi.

Selain itu, pelumas ini juga tidak mudah teroksidasi dan terdegradasi oleh radiasi panas dari mesin dan tentunya menjaga kebersihan mesin serta mencegah terbentuknya deposit pada piston, mencegah korosi dan menjaga komponen mesin dari keausan.

ENDURO 4T SPORT adalah pelumas sintetik yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan kinerja akselerasi dan perlindungan dari keausan yang maksimal direkomendasikan untuk mesin motor empat langkah dengan sistem kopling basah,terutama pada aplikasi balapan.

Pelumas ini menghasilkan akselerasi dan power yang maksimum, mempunyai friksi yang tinggi pada kopling untuk meminimilisasi slip pada sistem kopling basah, mempunyai kestabilan terhadap shear yang sangat baik sehingga membuat mesin bekerja optimum pada saat start up dan operasi pada temperature tinggi serta memberikan maksimum proteksi terhadap keausan dan kontaminan.

Otolovers ingin bertanya seputar oli kendaraan? Kirim saja pertanyaannya melalui email redaksi@detikoto.com. (ddn/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed