Bahaya Banget! Bus Penuh Penumpang Ini Lakukan Aksi Oleng Kanan-Kiri

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 01 Agu 2021 15:22 WIB
Bahaya Sopir Bus Oleng
Bahaya! Bus berjalan oleng. Foto: Istimewa
Jakarta -

Sebuah aksi sangat berbahaya dilakukan oleh seorang sopir bus. Ia melakukan aksi zig-zag alias oleng kanan-kiri di saat bus itu penuh dengan penumpang.

Seperti dilihat detikOto di unggahan video Instagram @dashcam_owners_indonesia, aksi membahayakan tersebut terjadi di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bus tersebut merupakan milik PO Tunggal Jaya.

Dalam video singkat yang diunggah di feed Instagram, tampak sang sopir tersebut mengendarai bus dengan cara zig-zag. Yang lebih mengerikan lagi, ia membawa bus tersebut di tengah kondisi jalan yang cukup ramai. Ia juga mengendarai bus itu di tengah-tengah marka jalan.

Tapi yang cukup mengherankan, para penumpang di dalam bus, khususnya di bagian depan, sepertinya justru mendukung aksi sopir bus tersebut. Buktinya, mereka malah merekam kejadian itu dengan ponsel mereka dan tidak memberi peringatan ke sopir atas aksi yang dilakukannya. Tapi di akhir cerita, bus tersebut akhirnya diberhentikan petugas Kepolisian.

[Gambas:Instagram]



Aksi tersebut tentunya sangat berbahaya, apalagi bagi kendaraan angkut yang membawa penumpang. Bagaimanapun juga keselamatan penumpang adalah hal utama yang harus dijamin oleh pengemudi dan awak bus.

Seperti dikatakan instruktur Defensive Driving, Andry Berlianto, sebagai alat transportasi umum, harusnya pengemudi bus memprioritaskan keselamatan dan kenyamanan penumpang, karena penumpang berhak atas dua hal tersebut.

"Jelas ini membahayakan banyak pihak. Jika terjadi sesuatu (kejadian yang tidak diinginkan), maka semua menjadi tanggung jawab pengemudi," kata Andry.

"Mengemudilah secara aman, tidak ugal-ugalan, hargai penumpang dengan memberi kenyamanan semaksimal mungkin," ujarnya lagi.



Simak Video "Aksi Pilot Drone 'Bubarkan' Pemotor RX King yang Masuk Sirkuit Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)