Spek Mobil VW yang Terobos Penyekatan Pemudik dan Tabrak Polisi di Klaten

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 09 Mei 2021 19:56 WIB
Tangkapan layar video viral mobil terobos pos penyekatan pemudik di Prambanan, Klaten, Sabtu (8/5/2021).
Foto: Tangkapan layar video viral mobil terobos pos penyekatan pemudik di Prambanan, Klaten, Sabtu (8/5/2021).
Jakarta -

Sebuah mobil sedan berwarna kuning menerobos pos penyekatan pemudik 2021 di Klaten, Jawa Tengah. Tak hanya menerobos pemeriksaan petugas, si pengendara mobil itu juga menabrak petugas polisi yang berjaga. Seperti apa spesifikasi dan kelayakan jalan, mobil yang dibawa pengemudi tersebut?

Sebagai informasi, pengendara itu mengendarai mobil dengan pelat nomor B 2318 STB. Jika dicek datanya ke situs Samsat PKB2 Jakarta, mobil terobos pos penyekatan itu bermerek Volkswagen (VW) sedan dengan tipe Beetle 1.2 4x2 AT.

VW Beetle tersebut buatan tahun 2013 dan masa berlaku STNK-nya hingga 08-11-2023. Kendati demikian, pajak mobil ini sudah habis sejak 08-11-2019.

VW BeetleVW Beetle Foto: Istimewa

Secara spesifikasi, VW Beetle menggendong mesin 1.2 liter, TSI, yang bisa mengeluarkan tenaga puncak hingga 105 dk pada 5.000-5.500 rpm. Mobil ini memiliki performa cukup garang dan diklaim bisa mencapai kecepatan puncak hingga 180 km/jam.

Mobil jenis coupe/hatchback ini sudah dihentikan produksinya sejak 2016 lalu. Kemudian bicara soal harga, jika mengacu pada data nilai jual VW Beetle berpelat B 2318 STB di situs Samsat PKB2 Jakarta, harga seken mobil ini sekitar Rp 212 juta.

Diberitakan sebelumnya, seorang pengemudi mobil menerobos pos penyekatan dan menabrak polisi di Prambanan, Klaten. Pengemudi tersebut ternyata masih ABG atau anak di bawah umur. Pemobil itu sudah diamankan polisi.

VW BeetleVW Beetle Foto: Istimewa

"Penumpangnya satu, sendiri dia. Cowok, anak di bawah umur, dia anak di bawah umur," terang Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan kepada detikcom, Minggu (9/5/2021).

Andriansyah menjelaskan, pengendara nekat itu diamankan bersama mobilnya dan telah diperiksa di Mapolres Klaten. "Dia orang Klaten, orang Klaten. Rupanya anak di bawah umur orang Klaten, tidak bawa SIM dia, yang jelas sudah kita tangkap," ujar Andriansyah.

Aksi pengendara mobil tersebut sebelumnya viral di sebuah video, yang salah satunya diunggah oleh akun Instagram @merapi_uncover pada Minggu (9/5/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Hingga sekitar pukul 16.00 WIB, video itu telah ditonton sekitar 30 ribu kali.

Dalam video berdurasi sekitar 29 detik itu, tampak sebuah mobil warna kuning disetop petugas untuk diperiksa. Mobil itu terlihat mengikuti arahan petugas agar menepi. Namun saat akan diperiksa, tiba-tiba mobil itu justru tancap gas. Tampak seorang polisi tertabrak mobil tersebut dan terdengar suara letusan mirip tembakan satu kali sebelum mobil warna kuning itu kabur. Ditulis lokasi video itu di Prambanan.

"Pengemudi mobil yang nekat, Ada yang tahu info lengkapnya lurd," tulis akun tersebut seperti dilihat detikcom.

Saat dimintai konfirmasi, Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu membenarkan peristiwa dalam video yang viral itu. Menurutnya, kejadian terjadi di pos penyekatan mudik di Prambanan. "Ya benar ada kejadian itu, di pos Prambanan," kata Edy Suranta kepada detikcom, Minggu (9/5/2021).



Simak Video "Dosen Debat Gibran di Lokasi Penyekatan, Enggan Dites Swab"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)