Percobaan Nyeleneh, Telur Ayam Ternyata Bisa Dipakai Mengangkat Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 04 Feb 2021 20:32 WIB
Percobaan unik ini untuk membuktikan teori fisika.
Mencoba telur jadi penopang mobil. Foto: Tiktok: @nowthis
Jakarta -

Banyak pengetahuan menarik di dunia yang perlu diketahui dengan cara mencobanya. Termasuk percobaan satu ini mengangkat mobil menggunakan telur ayam.

Seperti diketahui mobil merupakan kendaraan yang bobotnya tidak ringan dan bahkan mustahil diangkat oleh satu orang manusia. Lalu bagaimana mungkin telur ayam yang sangat rapuh itu mampu menopang sebuah mobil?

Percobaan yang unik ini dilakukan menggunakan sebuah mobil berkapasitas 4 penumpang. Untuk menyelesaikan percobaan ini mereka menghabiskan waktu selama 6 hari. Semua proses percobaan pun didokumentasikan lewat video Tiktok di akun @nowthis.

Banyak telur yang 'jadi korban', pecah sia-sia selama percobaan. Hari pertama percobaan, mereka menggunakan beban sekitar 9 kg yang ternyata berhasil ditopang oleh sebutir telur.

Percobaan hari kedua dilakukan dengan memberi beban lebih besar pada telur. Namun kali ini empat buah telur diletakkan pada sebuah alas khusus untuk kemudian diberi beban beberapa buah batu. Ternyata keempat telur tersebut mampu menahan beban seberat 46 kilogram.

@nowthis

Why lifting a car with eggs is possible from @layer.one ##learnontiktok ##tiktokpartner ##egglift

♬ original sound - nowthis

Di hari selanjutnya mereka menggunakan bantuan 3D printing untuk membuat tatakan telur. Pada upaya ini telur berjumlah 25 buah berhasil menopang bobot hampir 222 kilogram.

Sebelum lanjut, bagi anda yang pernah datang ke pameran fisika mungkin pernah melihat kursi yang terbuat dari paku sama rata. Orang yang duduk di sana tidak akan terluka karena ujung paku membagi bobot orang secara rata. Teori ini serupa dengan yang dipraktikkan dalam percobaan telur mengangkat mobil ini.

Memasuki hari keempat, uji coba akhirnya dilakukan menggunakan mobil. Telur digunakan untuk menopang bagian belakang mobil saja dengan bantuan dongkrak. Percobaan ini sukses. Sebanyak 45 butir telur berhasil menopang sisi belakang movil. Tapi pada hari kelima puluhan telur pecah karena tak dapat menopang bobot mobil.

Di hari ke enam, pengujian mengangkat beban mobil menggunakan telur akhirnya berhasil. Masing-masing roda ditopang oleh 45 buah telur yang disusun dengan konfigurasi 9 x 5.

Sebagaimana percobaan sebelumnya, telur-telur tersebut diletakkan pada permukaan khsusus. Selain itu di antara telur dan roda juga diletakkan beberapa bilah papan. Papan-papan tersebut berfungsi mendistribusikan bobot mobil sama besar ke semua telur -- yang pada akhirnya membuat telur mampu menopang beban mobil.

Dalam pengujian tersebut, mobil ditahan menggunakan rem tangan elektronik agar tidak bergerak.

Ah, ada-ada saja.



Simak Video "Penampakan Mobil Bertabur Emas dan Berlian"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)