Rabu, 12 Agu 2020 13:15 WIB

Wanita Ini Berdiri 7 Jam di Depan Lubang Got saat Jalanan Banjir, Ngapain?

Ridwan Arifin - detikOto
Wanita berdiri di depan lubang got Wanita berdiri di depan lubang got saat banjir agar tidak ada korban jiwa Foto: Cartoq
Jakarta -

Beredar video seorang wanita berdiri di depan lubang got selama hampir 8 jam saat jalanan tertutup banjir. Mengapa hal ini ia lakukan?

Mengutip dari Cartoq, Rabu (12/8/2020) kondisi jalan saat itu sedang banjir. Wanita tersebut sengaja berdiri di sana selama hampir 8 jam untuk mengalihkan lalu lintas, memastikan tidak ada kecelakaan yang terjadi di tempat tersebut, sebab ada lubang got yang terbuka. Sebab akibat banjir tersebut, permukaan jalan menjadi tidak terlihat dan pengendara tidak mengetahui adanya lubang di bawahnya yang bisa menimbulkan dalam kecelakaan.

Wanita itu bernama Kanta Maruti Kalan (55), sehari-harinya ia menjajakan bunga di seberang jalan. Kanta mengarahkan semua pengendara untuk menjauhi lubang got tersebut.

Kanta mengatakan jika jalan itu banjir maka rumahnya pun ikut tergenang air. Untuk memastikan banjir surut lebih cepat, dia membuka lubang got tersebut. Nah, tidak lepas dari tanggung jawab, wanita paruh baya itu berdiri di lubang got tersebut untuk memperingatkan pengendara.

Dia membuka penutup lubang got dengan kain tebal. Seorang pengendara sepeda motor yang lewat membantunya. Penutup got dibuka pada pukul 6 pagi, dan Kanta berdiri di tengah hujan dan jalan yang banjir hingga pukul 13.00 siang waktu setempat.

Tindakan Kanta diapresiasi, bahkan warga sekitar setuju bahwa jalan tersebut bisa tetap tergenang dalam waktu lama jika Kanta tidak melepas penutup lubang got itu. Dia mengatakan bahwa polisi datang untuk menghargainya dan bahkan pejalan kaki memberi hormat kepadanya tetapi pejabat BMC memarahinya karena melepas penutup lubang got tanpa izin.

Dia mengatakan tidak pergi dari lubang itu karena tragedi pada 2017 lalu, ketika penutup lubang dilepas untuk mengalirkan air dan menimbulkan korban jiwa. Mayatnya ditemukan setelah dua hari di dekat laut di Worli.



Simak Video "Korban Banjir Bandang Sukabumi Butuh Bantuan "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com