Jalan Pintu Tol Nusa Dua Bali Kini Bisa Bernyanyi

M Luthfi Andika - detikOto
Minggu, 10 Okt 2021 15:27 WIB
Tol Bali-Mandara
Ilustrasi tol Nusa Dua Bali Foto: dok. Jasamarga Bali Tol
Jakarta -

Jika sebelumnya hanya pada ruas jalan tol Trans-Jawa tepatnya pada KM 616 jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri, kini pintu gerbang tol Nusa Dua Bali juga bisa bernyanyi lagu Selamat Ulang Tahun.

Dalam akun media sosial Cupcake_Kering, terekam jelas gerbang pintu tol Nusa Dua Bali untuk roda dua kini didesain layaknya pada KM 616 tol Trans Jawa yang bisa bernyanyi lagu selamat ulang tahun.

@cupcake_kering

udah pernah lewat sini belum..? #bali #baliviral #nusaduabali

♬ original sound - Anak Baba

"Ini dia jalan tol yang bisa nyanyi, Nih kita lihat ya sebentar lagi, 50 meter lagi. Ssttss..sttsss, 1,2,3.. Oh Happy Birthday," ucap seseorang dalam video Cupcake-Kering.

Berbagai tanggapan dituliskan netizen, meski tanggapan yang diberikan beraneka ragam bukan hanya mengenai gerbang tol Nusa Dua Bali.

"Sumpah si tol Bali view-nya keren bnget, kapan lagi naik tol di atas laut," tulis komentar akun @Fina4801.

Jika melihat pembuatan tol bernyanyi di KM 616 tol Trans-Jawa, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR lewat akun Instagram resminya menjelaskan singing road terdapat pada ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri. Ada dua titik singing road sepanjang jalan tol itu.

Singing road bisa ditemui di titik pertama, tepatnya pada Km 616 Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri. Di titik ini pengguna jalan bisa mendengar dua nada dari lagu selamat ulang tahun.

"Singing road kedua berada di Km 644+200 B, arah Madiun-Solo. Terdiri dari 6 nada, sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap, bernada lagu selamat ulang tahun," jelas BPJT dalam keterangan video pada akun Instagram @bpjt_info, dikutip detikcom, Rabu (26/5/2021).

Adapun singing road sendiri sudah dipasang di ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri sejak 25 Desember 2019. Tujuan pemasangannya untuk menekan kecelakaan dengan menjaga fokus pengendara.

'Nyanyian' yang muncul di jalan tol ini keluar dari marka jalan berbentuk rumble strip yang dipasang di jalan tol. Rumble strip itu ditata dengan jarak berdekatan.

Nah, saat dilindas ban mobil berkecepatan 80-100 km/jam, akan terdengar suara yang sangat jelas hingga ke dalam mobil.



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/mhg)