Senin, 06 Jan 2020 19:59 WIB

Ruas Tol Ini 'Bisa Nyanyi', Pasang Telinga Kalau Lewat Sini

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Screenshot Instagram apitsaputra85
Jakarta - Pemerintah terus melakukan inovasi demi menekan angka kecelakaan di jalan tol. Kecelakaan di jalan tol sering terjadi karena pengendara tidak fokus. Untuk mengatasinya, pihak Jasa Marga sudah mengaplikasikan 'singing road' di ruas tol Trans Jawa di Jawa Timur.

Salah satu pengguna jalan yang sudah merasakan inovasi ini adalah Apit Saputra. Apit melewati garis jalan bernada ini di km 644 tol Trans Jawa arah Surabaya.



"Singing road pertama di indonesia" garis beranda yg menimbulkan alunan musik di km 644 tol trans jawa arah surabaya > solo , apa kegunaan nya , yuk komen di bawah," tulis Apit di akun instagramnya @apitsaputra85 (1//1/2020).

Untuk diketahui, sosialisasi penerapan singing road ini memang sudah dilakukan sejak akhir 2019 lalu.

Dijelaskan Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Dwi Winarsa, inovasi singing road pertama di Indonesia ini dipasang di ruas jalan tol sepanjang 87 kilometer (Km) yang menghubungkan Ngawi hingga Kertosono atau Jalan Tol Ngawi Kertosono Kediri (JNK).



"Singing road ini merupakan marka jalan berupa rumble strip (Pita Penggaduh) yang dipasang di lajur jalan tol tepatnya di Km 644+200 B (arah Surabaya-Solo) yang jika dilewati kendaraan dengan kecepatan 80-100 Km/jam akan menimbulkan bunyi atau nada," kata Dwi, dikutip dari detikFinance.

Menurut Dwi, saat ini baru ada 6 nada singing road yang berada di lajur cepat Km 644+200 dan bunyi yang ditimbulkan adalah tangga nada dari lagu Happy Birthday. "Nada lagu ini sengaja dipilih karena sudah familiar didengar di telinga masyarakat," katanya.



Untuk mengantisipasi kaget yang justru berbahaya bagi keselamatan pengendara, pihak PT Jasamarga JNK sudah menyiapkan rambu pemberitahuan di dekat pita penggaduh yang dipasang.

"Untuk masalah kaget, sebenarnya sudah diantisipasi dengan rambu pemberitahuan sebelum lokasi singing road ini berada," pungkasnya.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Penampakan dari Udara Longsor di Tol Cipularang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com