ADVERTISEMENT

Nasib Emak-emak yang Tetap Nangkring saat Motornya Digiring Polisi dan Ditilang

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 27 Sep 2021 20:21 WIB
Viral emak-emak ogah ditilang tetap nangkring di atas motor
Emak-emak ogah ditilang tetap nangkring di atas motor Foto: Sandiputra2012

Terdengar dalam video pelanggar tetap berada di atas motor meski petugas polisi tengah mendorong motornya. Sejurus kemudian pengendara itu mengakui bahwa dirinya tidak menggunakan helm dan lupa membawa kelengkapan surat-surat berkendara.

"Orang minta waktu gak dikasih waktu, apa itu adil, kan gak adil itu," suara pelanggar dalam rekaman video tersebut.

"Kita sudah bersedia ditilang, cuma minta waktu ambil suratnya, khilaf kita lupa, nggak diterima, kan tak adil," jelasnya yang santai duduk di jok motor.

Sandi menjelaskan kendaraan tersebut tetap ditahan pihak kepolilsian. Sementara pelanggar akhirnya membawa surat tilang tersebut.

"Kemarin ibunya masih marah-marah, namun kertas tilang tetap dibawa ibunya," ungkap Sandi.

"Kami himbau kepada seluruh masyarakat Musi Banyuasin ayo kita tertib bedalam berlalu lintas, lengkai surat kendaraan, pakai helm dan jangan lupa protokol kesehatan," imbau Sandi.

Kepolisian berhak menahan kendaraan yang tidak dilengkapi kepemilikan yang sah seperti yang diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan Nomor 22 tahun 2009, tersebut dalam pasal 260 ayat 1:

"memberhentikan, melarang, atau menunda pengoperasian dan menyita sementara Kendaraan Bermotor yang patut diduga melanggar peraturan berlalu lintas atau merupakan alat dan/atau hasil kejahatan," bunyi pasal tersebut.

Sedangkan beberapa ketentuan yang membuat kendaraan harus ditahan diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 80 tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 32 ayat 1, yakni:

Petugas Pemeriksa Kendaraan Bermotor di Jalan dapat melakukan penyitaan atas:

a.Surat Izin Mengemudi;
b.Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor;
c.surat izin penyelenggaraan angkutan umum;
d.tanda bukti lulus uji;
e.barang muatan; dan/atau
f.Kendaraan Bermotor yang digunakan melakukan pelanggaran


(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT