Ngilu tapi Nyata! Pria Nyangkut ke 'Dalam' Motor Gegara Berkendara Pakai Sarung

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 05 Agu 2021 07:08 WIB
Pemotor bersarung terjepit di antara roda dan spakbor
Pemotor bersarung terjepit di antara roda dan spakbor Foto: Instagram @fakta.indo
Jakarta -

Jenis pakaian saat mengendarai sepeda motor memang tak bisa disepelekan. Apalagi menggunakan bahan yang menjuntai, bisa berpotensi celaka.

Sebuah video beredar di media sosial, salah satunya diunggah melalui akun instagram @fakta.indo. Terlihat seorang pemuda bersarung terjepit di sela-sela spakbor dan ban motor bebek ini. Sementara beberapa warga terlihat membantu untuk evakuasi pemotor bersarung tersebut.

Peristiwa ini memancing respon warganet, banyak yang menduga jika pengendara itu terjepit di antara spakbor dan ban lantaran sarung yang menjuntai.

"Sarungnya nyangkut itu kayaknya, jadi dia keseret ke belakang terus nyangkut di situ," komen desht***

"Sarungnya nyangkut ya, terus ketarik, apa gmna?," komen p***

"Sarungnya kelillit," tulis @met***

Menanggapi peristiwa tersebut, Instruktur Keselamatan Berkendara dari Rifat Drive Labs, Erreza Hardian menjelaskan peranti yang menempel di badan baik pengendara ataupun penumpang disarankan tidak menjuntai. Risiko berbahaya memakai bagi pemakainya jika bagian bajunya tersangkut di rantai motor.

"Sebaiknya tidak dipakai iya, karena ya memang sudah kejadian, ada evidence risiko sarung menjuntai dengan kendaraan motor berjalan bisa berisiko terbelit karena beberapa komponen kendaraan motor ada yang terbuka sehingga bisa kita identifikasi itu bahayanya," ujar Reza saat dihubungi detikcom, Rabu (4/8/2021).

"Kenapa saya bilang sebaiknya, karena tidak ada hukum yang mengatur tidak boleh pakai sarung, kalau ada dasar hukumnya baru saya bilang pengendara dalam contoh diatas adalah salah," tambah dia.

Reza menjelaskan penyebab kecelakaan itu terbagi atas tiga faktor, yakni manusia, kendaraan, dan lingkungan. Penggunaan pakaian yang menjuntai bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

"Lingkungan jalan sepertinya di areal jalan aspal tapi setapak gitu ya, dataran rendah pula tentunya ada faktor angin yang bertiup kencang kemudian jalan aspal membuat pengendara bisa sedikit lebih cepat juga," kata Reza menanggapi video pemotor bersarung yang tersangkut tersebut.

"Kemudian kendaraan yang kebetulan motor itu masih rantai terlihat banyak bagian yang bergerak dan berporos itu sangat terbuka. Dua penyebab kecelakaan sudah kita bahas dan bisa kita simpulkan meningkat risikonya," kata Reza.

"Sayangnya ditambah dengan pengemudi yang tadi memakai sarung, membuat tiga komponen kecelakaan ini terjadi," jelas dia.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Mobil Diesel Nggak Sengaja Isi Bensin, Apa Resikonya?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)