Senin, 15 Jun 2020 10:31 WIB

Pria Ini Pegang Rekor Touring Jakarta-Surabaya Naik Motor 10 Jam

Luthfi Anshori - detikOto
Gerrit de Raadt Gerrit de Raadt.Foto: Buku Sejarah Mobil dan Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini
Jakarta -

Jarak Jakarta-Surabaya cukup jauh. Jika dilihat di peta digital, tertera 785 km dengan estimasi tempuh 16 jam jika menggunakan motor. Namun tahukah Anda? Pada 1923, seorang warga Eropa bernama Gerrit de Raadt berhasil mencatatkan rekor Jakarta-Surabaya, dengan waktu tempuh 10 jam dan 0,1 menit. Seperti apa kisahnya?

Diceritakan James Luhulima dalam buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini, Gerrit de Raadt merupakan satu dari sekian banyak pemilik kendaraan bermotor di Indonesia saat itu, yang berambisi memecahkan rekor waktu tempuh Jakarta-Surabaya.

Obsesi tersebut hadir seturut membaiknya infrastruktur di pulau Jawa. Pembangunan jalan pos besar (de grote postweg) di masa Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Herman Willem Daendels, menyingkat perjalanan dari Batavia (Jakarta) ke Soerabaja (Surabaya), juga menghubungkan jalan-jalan kecil yang sebelumnya terpisah.

"Upaya untuk membukukan rekor perjalanan Batavia - Soerabaja ternyata tidak hanya dilakukan oleh pengendara mobil, melainkan juga oleh pengendara sepeda motor," tulis James.

Gerrit de Raadt memulai percobaan pertamanya pada 7 Mei 1917. Kala itu ia menempuh Jakarta-Surabaya dalam dalam waktu 20 jam dan 45 menit, dengan mengendarai motor Reading Standar.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com