Selasa, 08 Okt 2019 16:18 WIB

Paket Nekat Komplet! Tak Pakai Helm, Bonceng 5, Lawan Arus Pula!

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Screenshot TMC Polda Metro Foto: Screenshot TMC Polda Metro
Jakarta - Masih ada saja pengendara yang mengabaikan keselamatannya sendiri saat sedang berada di jalan. Padahal papan rambu-rambu lintas dan sejumlah sosialisasi juga terus dilakukan oleh para penegak hukum. Sayangnya peringatan rambu lalu lintas yang sudah terpasang masih dianggap sebagai pajangan saja.

Pengendara motor yang satu ini misalnya. Ia tampak tak menghiraukan keselamatan dirinya maupun penumpang yang diboncengnya. Dalam sebuah foto yang diunggah akun instagram tmcpoldametro, seorang pria terlihat mengendarai motor bebek tanpa menggunakan helm. Ia juga kedapatan tengah melawan arus di ruas jalan Kalimalang.


Belum habis sampai di situ. Motor yang seharusnya hanya ditumpangi dua orang ini justru mengangkut lima orang laiknya mobil LCGC. Waduh! Para penumpang yang diangkut di atas motor itu pun tak ada yang menggunakan perlengkapan keselamatan.

"Kanit Kamsel Sat Lantas Polrestro Jaktim lakukan peneguran terhadap Pemotor yang masih nekat lawan arus, berboncengan 5 orang serta tidak memakai helm di Jl. Raya Kalimalang Jaktim," tulis akun TMCPoldaMetro seperti dilihat detikcom, Selasa (8/10/2019).

Tentunya tindakan yang dilakukan pengendara tersebut merupakan pelanggaran. Pengendara yang hobi melawan arus seperti ini dianggap tak mematuhi rambu lalu lintas dan akan dikenakan UU no.22 tahun 2009 pasal 287 ayat (1) pidana kurungan 2 bulan denda paling banyak Rp 500.000.


Kemudian pengendara juga telah dinanti hukuman lain karena tak menggunakan helm. Seperti berbunyi dalam UU No.22 tahun 2009 pasal 291 ayat 1 yang berbunyi Setiap pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Jangan ditiru ya detikers!

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Pengendara Motor Bercelana Loreng Masuk Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com