Ketemu Pengendara yang Nyerobot Antrean Seperti Pengemudi Pajero Sport, Harus Gimana?

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 23 Mei 2022 18:45 WIB
Pajero viral
Bertemu dengan pengendara arogan seperti sopir Pajero Sport? Apa yang harus dilakukan?Foto: tangkapan layar
Jakarta -

Pengendara arogan masih kerap ditemui di jalan. Terbaru adalah aksi menampar yang dilakukan pengemudi Pajero Sport kepada pengendara Yaris. Usut punya usut, aksi tersebut dilakukan karena pengendara Pajero Sport tidak terima ditegur setelah menyerobot antrean mobil Yaris.

Sopir Pajero Sport itu tampak turun dari mobil dan menghampiri pengendara Yaris hingga terjadi aksi menampar. Niat pengendara Yaris mungkin hanya mengingatkan karena aksi menyerobot itu tentu membahayakan. Namun bila mengalami hal serupa di jalan, sebaiknya kamu langsung menghindarinya supaya tidak terjadi cekcok.

Instruktur Defensive Driving and Riding Global Defensive Driving Consultant (GDDC) Andry Berlianto mengingatkan, saat berkendara pengendara harus menyadari bahwa jalan adalah milik bersama. Kalaupun melihat pengendara arogan, tidak perlu ditanggapi dengan sikap yang arogan juga.

"Jika melihat ada pengendara lain yang arogan maka jauhilah, hindari kontak lanjutan dan bersikaplah mengalah karena konflik mudah pecah saat keduanya terpancing emosi," ungkap Andry saat dihubungi detikcom, Senin (23/5/2022).

Tak kalah penting saat berkendara, kamu harus tetap menjaga sikap dengan tidak egois, arogan, bahkan emosian. Usahakan agar pikiran tetap dingin dan tahan amarah. Tidak lupa untuk tetap menjaga jarak guna mengantisipasi tindakan pengendara yang doyan nyerobot.

"Jaga jarak antar kendaraan agar kita bisa melihat perilaku pengendara lain dan punya waktu untuk mengantisipasinya. Kuncinya sabar," tegas Andry.

Adapun tindakan arogan pengendara Pajero Sport itu kini berbuntut panjang. Pengendara Yaris dikabarkan melaporkan pengemudi Pajero Sport itu ke polisi. Sejauh ini polisi telah mengungkap identitas kendaraan Pajero yang ditumpangi pelaku. Kendaraan itu diketahui terdaftar atas nama sebuah perusahaan di Jatiuwung, Tangerang.

Saat ini pihak kepolisian masih terus menyelidiki identitas dari sopir Pajero Sport yang bersikap arogan tersebut.

Simak Video 'Cekcok Pengemudi Pajero-Yaris Berakhir Damai':

[Gambas:Video 20detik]



(dry/lth)