Pemotor Tertabrak Mobil Sampai Terpental, Begini Aturan Berbelok di Persimpangan

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 21 Mei 2022 18:31 WIB
Tangkapan layar detik-detik kecelakaan lalu lintas di simpang tiga Ksatrian, Kulon Progo, DIY, yang viral di medsos.
Kecelakaan di saat pemotor hendak berbelok ke kanan. Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng
Jakarta -

Video yang menunjukkan pasangan suami istri tertabrak mobil saat hendak berbelok di persimpangan tengah viral di sosial media. Dalam video yang beredar, pasutri tersebut tertabrak saat mau berbelok ke kanan. Tampak, sebelum berbelok pemotor berhenti hanya sejenak dan terkesan tidak 'ngeh' dengan kendaraan dari lawan arah.

Dikutip detikJateng, Kanit Laka Lantas Polres Kulon Progo Ipda Satya Kurnia menjelaskan bahwa kecelakaan lalu lintas itu terjadi karena pengendara motor tak bisa memperkirakan jarak dengan baik.

"Kronologisnya semula sepeda motor dari arah barat, kemudian hendak belok ke kanan, atau arah selatan, namun ketika berbelok tersebut pengendara motor tidak bisa memperkirakan jarak antara mobil yang berjalan dari lawannya atau dari arah timur, sehingga terjadi kecelakaan saat motor tersebut mau masuk ke jalan Ksatrian," ungkap Satya.

Satya lebih lanjut menjelaskan jalan nasional Jogja-Wates khususnya simpang tiga Ksatrian termasuk daerah yang rawan kecelakaan. Ini disebabkan karena ruas tersebut merupakan kawasan padat kendaraan dan berkecepatan tinggi.

"Di sepanjang jalan nasional atau jalan Jogja-Wates ini di wilayah Kulon Progo itu rawan terjadi kecelakaan karena kuantitas dari kendaraan yang cukup tinggi dan mobilitasnya yang lebih cepat dibandingkan jalur-jalur yang lain," ucapnya.

"Untuk di titik ini (simpang tiga Ksatrian) lebih rawan juga karena banyak terjadi kecelakaan karena persimpangan ini merupakan jalur yang mobilitasnya tinggi, karena di daerah selatan sana banyak perumahan warga," imbuhnya.

Perlu diketahui saat berbelok di persimpangan, pengendara tak bisa asal nyelonong. Sesuai aturan Undang-undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 112.

"Pengemudi kendaraan yang akan berbelok atau berbalik arah wajib mengamati situasi Lalu Lintas di depan, di samping, dan di belakang kendaraan serta memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan," begitu bunyi pasal tersebut.



Simak Video "Viral Detik-detik Pemotor Tertabrak Mobil Sampai Terpental di DIY"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)