Duh, Roda Depan Mobil Ini Mendadak 'Juling' Nggak Bisa Belok Searah

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 14 Mei 2022 16:08 WIB
Roda as mobil bermasalah
roda as mobil bermasalah Foto: Pool (Instagram)
Jakarta -

Nasib kurang beruntung dialami oleh pengendara mobil yang satu ini. Roda depan mobilnya tiba-tiba tidak selaras, sehingga ia mengalami kesulitan saat hendak berbelok bahkan sekadar berjalan lurus ke depan.

Kejadian ini sempat terekam dan telah diunggah ke Instagram oleh pemilik akun @gojek24jam. Dalam video tersebut awalnya menampilkan sebuah mobil yang diyakini merupakan Toyota Avanza, hendak memasuki salah satu ruas jalan.

Namun, mobil tersebut justru malah berhenti melintang di tengah jalan dan membuat satu ruas jalan tertutup. Tak lama, baru terungkap kenapa mobil berkelir hitam itu tidak bergerak selama beberapa saat.

Dalam video tersebut terlihat jelas jika roda depan mobil tidak selaras. Pada roda depan sisi sebelah kanan, roda bisa digerakan secara normal ke arah kanan dan kiri. Namun lain halnya dengan roda depan sisi sebelah kiri, roda justru tak bisa digerakan dan terlihat hanya belok ke arah kanan, walau setir sudah digerakan ke kiri.

"Beda arah dan tujuan," tulis keterangan video di unggahan tersebut.

Kini, video tersebut tengah viral di Instagram dan berhasil menarik perhatian netizen. Sejumlah warganet memberikan tanggapan di kolom komentar dan memprediksi jika roda mobil tersebut bisa 'tidak sejalan' lagi karena ada sejumlah komponen yang rusak.

[Gambas:Instagram]



"Lah gimana sih itu tie rod patah masih dipaksa aja," kata pemilik akun @ferriandika_aw di kolom komentar.

"Rack end patah atau lepas," tulis pemilik akun @frz.tmr

"Itu as roda nya patah. Kayak punya aku dulu juga gitu. Untung ada garansi," ujar pemilik akun @mochamad.fahmizul.huda.

Sementara itu, Bambang Supriyadi selaku Head Product Improvement Technical Service Division Daihatsu mengatakan, kerusakan pada roda mobil tersebut memang bisa disebabkan oleh bagian steering rack atau tie rod end. Alhasil, salah satu roda jadi tidak selaras meski setir kemudi sudah digerakan berkali-kali.

"Kalau lihat video ini, roda depan sebelah kiri tidak bisa diarahkan (selalu pada posisi ke arah kanan), maka perlu diperiksa secara langsung bagian steering rack atau tie rod end nya," kata Bambang Supriyadi saat dihubungi detikcom, Sabtu (14/5/2022).

"Perlu dilihat juga secara langsung apa penyebab kerusakannya, tidak bisa kita kira-kira," jelasnya.

Lebih lanjut, jika hal ini terjadi saat tengah berkendara di jalan, Bambang menyarankan untuk tidak memaksakan diri dengan terus mengendarai mobil. Sebaiknya segera menepi ke tempat yang aman lalu hubungi pihak bengkel untuk mendapat perbaikan.

"Yang mesti dilakukan adalah tepikan kendaraan semaksimal mungkin di tempat yang aman, kemudian panggil road assistance atau bengkel resmi langganan agar lebih aman," pungkas Bambang.



Simak Video "Trennya Meningkat, Ini Warna Mobil yang Lagi Naik Daun"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lth)