Viral Mobil Amblas di Pasir Pantai, Niat Healing Auto Pusing

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 10 Mei 2022 14:50 WIB
Mobil terjebak di pasir pantai
Viral mobil terjebak di pasir pantai. Foto: Instagram @sisiterangofficial
Jakarta -

Viral di media sosial sebuah mobil terjebak di pasir pantai. Dalam video yang viral itu, mobil SUV yang disebut Pajero Sport tersebut amblas di pasir pantai hingga terjebak. Warga bahu-membahu mencoba mengeluarkan mobil yang terjebak di pasir pantai.

"Liburan ke pantai tapi males turun jalan kaki, mobil wisatawan ini tak bisa bergerak sama sekali akibat terjebak pasir pantai
.
Melihat keempat ban mobil terendam air laut hingga amblas, wisatawan lain saling bahu-membahu membantu mengeluarkan mobil tersebut. Lokasi di Pantai Bagedur, Malingping Lebak Banten," tulis akun instagram @sisiterangofficial.

Dalam video tersebut, terlihat ban mobil SUV berwarna hitam amblas di pasir pantai yang basah. Video itu juga menggambarkan mobil tersebut berada agak jauh ke bibir pantai. Mengingat pasir pantai yang basah, wajar saja ban mobil terjebak dan amblas.

[Gambas:Instagram]



Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan tidak semua mobil SUV dan mobil penggerak 4x4 bisa menaklukkan segala medan. Menurutnya, pasir pantai memang terlihat datar, tapi karakternya lembut atau rapuh.

"Ketika dibebani oleh obyek kendaraan yang berat maka akan amblas," ujar Sony kepada detikcom, Selasa (10/5/2022).

Sony mengingatkan, pengemudi tidak menganggap remeh medan yang dilaluinya. Biasakan pahami dulu permukaan jalan dengan cara mengobservasi.

"Setelah itu dilihat kemampuan kendaraan terhadap medan berpasir dan pikirkan risiko terburuk. Kalau punya alat evakuasi silakan lalui dengan cara kendaraan bergerak konstan, hindari gas seketika dan tidak boleh berhenti (menghindari terpater)," ucapnya.

Dia bilang, air laut juga bisa merusak kendaraan. Apalagi jika kendaraan yang terkena air laut tapi tidak langsung dibilas, risikonya bisa korosi.

"Kalau sekali-sekali dan langsung dibilas itu aman, yang bahaya korosi kalau sering-sering nggak dibilas," sebut Sony.



Simak Video "Kecelakaan Gegara Jalan Tol Rusak, Pengendara Bisa Tuntut Ganti Rugi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)