Nggak Kuat Hadapi Macet, Pemudik Ini Pilih Putar Balik di Tol Cipularang

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 30 Apr 2022 14:22 WIB
Tol Cipularang arah Jakarta lumpuh akibat kebijakan one way di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek. Banyak pengemudi yang mematikan mesin akibat macet.
Ilustrasi macet di Tol Cipularang pada Mudik 2022 Foto: 20Detik
Jakarta -

Arus mudik Lebaran di 2022 mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, terutama bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Hal tersebut menyebabkan kemacetan di sejumlah ruas jalan tol, hingga membuat pemudik yang satu ini 'menyerah' dan memilih putar balik.

Ya, kamu tidak salah dengar detikers. Sebuah mobil nekat putar balik saat terjebak kemacetan di jalan tol. Yang bikin heran, pengemudi mobil itu nekat melawan arus sehingga jadi tontonan pengendara sekitar.

Aksi ini viral di media sosial setelah pemilik akun @darahtingginih mengunggah video di TikTok. Pada video tersebut, terlihat sebuah mobil berkelir hitam yang diyakini merupakan Toyota Avanza, tengah mencoba melawan arus di tol.

Dalam keterangan di video itu dijelaskan bahwa pengendara mobil tersebut tak tahan harus terjebak macet di tol. Diketahui bahwa pengemudi itu tengah terjebak kemacetan di Tol Cipularang.

"Ada yang menyerah sama macet Tol Cipularang tadi pagi, terus maksa pengen mutar balik lagi. Ini tuh jalan tol, bukan jalan komplek lu," tulis keterangan dalam video tersebut.

Video yang tengah viral tersebut kini ramai ditanggapi oleh netizen di kolom komentar. Sejumlah warganet berujar dengan nada bercanda kepada pemudik yang memilih putar balik karena terjebak macet di jalan tol.

"Akhirnya terbayarkan kangennya ngeliat mudik macet," tulis pemilik akun @dk.zu di kolom komentar.

"Jangan sampai Lebaran di jalan ya bang," kata pemilik akun @pentilpenyu

"Itu imannya nggak kuat," ujar pemilik akun @pphitamgariskeras

@darahtingginih Semangat Mudik nya Bestie. #mudiklebaran2022 #mudik #mudiklebaran ♬ Cabs Pake Motor - Young Lex

Padahal, pengendara yang putar balik dan nekat melawan arah di jalan tol bisa didenda lho. Hal ini sudah tertuang dalam PP No.15 tentang Jalan Tol Pasal 86 ayat 2 poin C.

"Berdasarkan PP No. 15 tentang Jalan Tol Pasal 86 ayat 2 poin C, dijelaskan bahwa pengguna jalan tol wajib membayarkan denda sebesar dua kali tarif terjauh jika tidak dapat menunjukkan bukti tanda masuk yang benar atau sesuai dengan arah perjalanan pada saat membayar tol," kata Jasa Marga dikutip laman resminya.

Sementara itu, Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol pasal 86 ayat 2, pengguna jalan tol wajib membayar denda sebesar dua kali tarif tol jarak terjauh pada suatu ruas jalan tol dengan sistem tertutup dalam hal:

a. pengguna jalan tol tidak dapat menunjukkan bukti tanda masuk jalan tol pada saat membayar tol;

b. menunjukkan bukti tanda masuk yang rusak pada saat membayar tol; atau

c. tidak dapat menunjukkan bukti tanda masuk yang benar atau yang sesuai dengan arah perjalanan pada saat membayar tol.

Dampak Sistem One Way, Tol Cipularang Sempat Macet Total

Kemacetan panjang sempat terjadi di ruas jalan Tol Cipularang, dari arah Bandung menuju Jakarta, pada Jumat (29/4/2022). Kemacetan ini merupakan dampak diberlakukannya sistem one way di ruas jalan Tol Cikampek.

Mengutip detikNews, saat one way berlangsung, arus kendaraan di ruas Tol Cikampek dapat melintas dari arah Jakarta menuju Cirebon. Namun, kendaraan di ruas jalan tol Cipularang dari arah Bandung menuju Jakarta harus dialihkan menuju jalan arteri Karawang.

Pengalihan arus ini membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan parah di sejumlah titik. Di Tol Cipularang ini sempat terjadi kemacetan sepanjang 7 kilometer, di ruas pengalihan arus di Kawasan Bukit Indah kendaraan nyaris tak bergerak dan di arteri Karawang mengular panjang hingga wilayah Subang.

Bahkan, sejumlah masyarakat yang kesal karena terlalu lama terjebak kemacetan akibat dampak dari one way, menyebabkan sejumlah pemudik mencak-mencak kepada polisi. Mereka protes kepada petugas yang melakukan penutupan jalur di sekitar Gerbang Tol Kalihurip Utama, dari arah Bandung menuju Jakarta.

Pasalnya, para pemudik dan pengendara lain sudah terjebak macet di Tol Cipularang hingga 7 jam lamanya. Arus lalu lintas di jalan tol tersebut juga sempat lumpuh total.



Simak Video "Wilayah Mana yang Paling Banyak Jadi Tujuan Mudik 2022?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)