Tangguh, Detik-detik Pajero Tarik Bus yang Terjebak di Lumpur

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 03 Jan 2022 13:24 WIB
Pajero tarik keluar bus
Pajero tarik keluar bus Foto: Facebook Sirish Chandran
Jakarta -

Mitsubishi Pajero (bukan Pajero Sport) memang sudah disuntik mati, tapi kemampuannya tak bisa dipandang sebelah mata. Baru-baru ini, Pajero unjuk kemampuan karena berhasil menarik keluar bus yang terjebak di lumpur.

Dikutip Cartoq, Senin (3/1/2021) dalam video berdurasi singkat yang menyebar di media sosial, terlihat Pajero berwarna putih tengah berusaha menarik bus rapid transit dari Surat Municipal Corporation.

Video tersebut telah dibagikan oleh Sirish Chandran di Facebook. Dalam video tersebut terlihat mobil SUV Mitsubishi Pajero SFX sedang mengeluarkan Bus Surat Municipal Corporation.

Bus terjebak lumpur di sisi jalan. Akibat hujan, lumpur menjadi lengket dan sopir bus tidak bisa mengakalinya.

Pajero SFX yang terlihat dalam video adalah milik @ttmotorsports128. Pengemudi Pajero SFX sedang dalam perjalanan malam ketika dia melihat bus terjebak dalam lumpur.

Sopir SUV itu bertanya kepada sopir bus apakah dia membutuhkan bantuan, yang dijawab dengan mengatakan bahwa Pajero mungkin tidak dapat menarik bus keluar karena berat.

Tapi pemilik Pajero sangat yakin dengan kemampuan SUV dan mengatakan bahwa dia memiliki peralatan evakuasi yang tepat dan akan mencobanya.

Bagian depan bus dikaitkan ke belakang mobil Pajero dengan menggunakan tali derek. Pada percobaan pertama dan kedua, Pajero terlihat gagal menarik bus tersebut.

Setelah beberapa kali uji coba, SUV legendaris itu akhirnya mulai membuat kemajuan, dan bus mulai keluar dari lumpur yang lengket. Begitu SUV mulai bergerak maju dengan fitur 4WD Low Range with locked centre differential, segalanya menjadi mudah. Akhirnya bus keluar dalam hitungan detik.

Di atas kertas, SUV ini ditenagai oleh mesin diesel 2.8 liter turbocharged yang menghasilkan 118 Bhp dan torsi puncak 292 Nm. Mesin dikawinkan dengan gearbox manual 5 kecepatan dan dilengkapi dengan transfer case 4 × 4.

Seperti diketahui, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) berencana menghentikan produksi Pajero sekaligus menutup fasilitas pabriknya di Sakahogi, prefektur Gifu, Jepang tahun 2021.

Perlu diketahui, Pajero yang dihentikan produksinya di Jepang dengan Pajero Sport yang diproduksi dan dijual di Indonesia merupakan mobil yang berbeda.

Di beberapa negara, nama PAJERO sebenarnya memiliki banyak nama seperti Montero dan Shogun. Sedangkan PAJERO SPORT disebut Challenger, Montero Sport, dan Shogun Sport.

Perbedaan lainnya juga dalam penempatan di masing-masing kelas, di mana PAJERO masuk dalam segmentasi Big SUV, sedangkan PAJERO SPORT Golongan Medium SUV.



Simak Video "Segini Biaya BBM Jakarta-Semarang Naik Mitsubishi Pajero Sport"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)