Viral Mobil Ngebul Gara-gara 'Diesel Runaway', Apa Sebabnya?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 15 Okt 2021 16:47 WIB
Mobil ngebul gegara diesel runaway
Mobil ngebul diduga gegara diesel runaway Foto: Instagram @dashcam_owner_indonesia
Jakarta -

Media sosial diramaikan dengan video mobil mengeluarkan asap ngebul. Mobil tersebut disebut mengalami "diesel runaway", kira-kira apa sebabnya?

Potongan video tersebut diunggah melalui akun instagram @dashcam_owners_indonesia. Terlihat satu unit mobil menepi di bahu jalan sembari mengeluarkan asap tebal. Disebut dalam narasi bahwa mobil mengalami masalah yang disebut diesel runaway.

Sebenarnya apa itu diesel runaway dan apa penyebabnya? dikutip dari Carthrottle, Jumat (15/10/2021) diesel runaway merupakan salah satu masalah yang bisa dijumpai pada mobil bermesin diesel lawas yang terus-terusan digunakan namun tidak dirawat dengan benar. Penyebabnya beragam, mulai dari kerusakan dari pompa solar hingga oil seal bocor. Ketika hal ini terjadi, kecepatan mesin (rpm) meningkat secara dramatis dan tak terkendali.

Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi masalah diesel runaway umumnya terjadi pada mobil diesel lawas yang belum dilengkapi dengan Electronic Control Unit (ECU).

"Biasanya mobil-mobil yang belum pakai ECU (Electronic Control Unit), benar-benar manual masih pakai supply pump, masih sistem lama. Biasanya terjadi kerusakan pada supply pump," kata Didi saat dihubungi detikcom, Jumat (15/10/2021).

Dia melanjutkan saat mengalami diesel runaway, mobil akan terus hidup kendati kunci mobil telah dimatikan. Mesin tidak bisa terkontrol, menyedot solar sehingga putaran mesin akan tinggi dengan sendirinya.

"Dia tidak bisa digas, tidak bisa dikecilin. Jadi kasarnya seperti kebocoran solar yang ngalir terus," jelas Didi.

Umumnya masalah diesel runaway terjadi pada mobil diesel model lama. Di sisi lain juga dikarenakan komponen yang sudah aus lantaran perawatan dan pemakaian yang tidak sesuai.

Nah, solusi ketika mobil mengalami diesel runaway salah satu caranya ialah menempatkan mobil ke area yang aman. Lalu keluar dari mobil sembari menunggu pasokan solar terhenti hingga mesin mati dengan sendirinya.

"Terkadang mengatasinya menunggu solar habis, karena berbahaya juga itu rpm tinggi sampai ngebul terus, risiko panas dan segala macam," jelas Didi.



Simak Video "Mobil Diesel Nggak Sengaja Isi Bensin, Apa Resikonya?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)