Ngeri! Mobil Parkir Mundur Nyaris Terjun Keluar Gedung

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 24 Agu 2021 17:18 WIB
Mobil parkir mundur nyaris terjun keluar gedung
Mobil parkir mundur nyaris terjun keluar gedung Foto: TikTok @pramonopurba
Jakarta -

Sebuah video mobil Toyota C-HR nyaris terjun keluar gedung ramai diperbincangkan warganet. Terlihat dalam video mobil sedang parkir mundur, tiba-tiba menabrak tembok pembatas.

Video tersebut dibagikan melalui media sosial TikTok @pramonopurba. Mobil tengah diparkir di lantai 4A, tapi sejurus kemudian saat mundur malah kebablasan menghantam tembok. Beruntung mobil tidak terjun bebas keluar gedung.

Dari penelusuran, peristiwa tersebut terjadi di Gedung Food and Drug Administration (FDA), Nonthaburi, ,Thailand pada November 2019 silam.

Dikutip Bangkok Post, Selasa (24/8/2021) pengemudinya merupakan seorang wanita pekerja FDA tengah memarkirkan mobil di lantai 4A. Disinyalir wanita tersebut salah menginjak pedal gas.

Ban depan mobil tersangkut di pembatas parkir, sementara ban belakang sudah menggantung pada bibir gedung. Pengemudi wanita tersebut dikabarkan berhasil diselamatkan lewat pintu depan sebelah kiri.

Belajar dari peristiwa tersebut, sebaiknya pengendara lebih mengenal dimensi mobil serta fitur-fitur kendaraan ketika parkir.

Satu hal yang tak kalah penting ialah posisi kaki ketika sedang mengemudi. Menurut Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mobil yang tiba-tiba menyeruduk pasti pengemudinya salah menempatkan kaki dan tidak paham pedal apa yang diinjak. Sony memberikan tips agar pengendara tidak salah menginjak pedal. Yaitu dengan memosisikan kaki dengan tepat saat nyetir.

"Jadi yang benar adalah tumit kaki kanan ada di depan pedal rem, ketika menginjak pedal gas tumit tidak berpindah, tapi ujung kaki (bagian jari) depan nyerong ke kanan (untuk menyentuh pedal gas agar mobil melaju)," kata Sony kepada detikcom beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut ia menjelaskan saat nyetir sebaiknya tumit kaki bertumpu pada lantai mobil dan tidak bergeser. Yang fleksibel hanya ujung kaki bagian jari yang berpindah dari pedal gas ke pedal rem.

"Biasakan seperti itu, jadi ngegasnya ada rasa susah dan perlahan, tapi saat ngerem lebih sempurna posisi kakinya. Ingat! Tumit tidak boleh berpindah-pindah ke depan pedal yang akan diinjak. Tumit bertumpu di dak/lantai," tegas Sony.

Menurut Sony, teknik mengemudi seperti ini berlaku untuk menyetir mobil bertransmisi manual maupun otomatis.

"Posisi tumit kaki kanan menempel di lantai dan tetap di depan pedal rem, apa pun sistem transmisinya. Bukan berarti kalau matic ngeremnya pakai kaki kiri lho," ujar Sony.

@pramonopurba

##safetycar ##caution ##cctv##cina ##waspada ##masukberanda ##fypシ

♬ original sound - Putri Zakia



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)