Mobil Bajaj Adu Drag Race dengan Sepeda Road Bike, Hasilnya Bikin Geleng-geleng

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 26 Mei 2021 17:08 WIB
Bajaj Qute
Bajaj Qute diadu drag race menghadapi sepeda roadbike (Bajaj Auto)
Jakarta -

Bajaj Qute adalah mobil paling murah yang dijual di banyak negara di dunia. Punya mesin dan kemampuan seadanya, bagaimana kemampuan kendaraan ini diadu dengan sepeda roadbike.

Untuk diketahui, Bajaj Qute merupakan mobil empat penumpang. Kendaraan kecil ini dibekali mesin satu silinder berkapasitas 216 cc dan menghasilkan tenaga sebesar 13 horse power, dengan kecepatan maksimalnya mencapai 70 km/jam.

Bajaj Qute dipakai sebagai alat transportasi pengganti bemo roda tiga di Jakarta sejak 2017. Kendaraan beroda empat ini sering dijumpai pada sejumlah tempat, salah satunya di daerah Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Kendaraan ini dijual pada rentang harga Rp 60-an juta.

Bajaj Qute merupakan pengganti bemo, moda transportasi roda tiga yang sudah diarang beredar. Kini Bajaj Qute mulai menarik penumpang.Bajaj Qute merupakan pengganti bemo, moda transportasi roda tiga yang sudah diarang beredar. Kini Bajaj Qute mulai menarik penumpang. Foto: Ari Saputra

Dengan ditenagai mesin satu silinder berkapasitas 216 cc, apakah Bajaj Qute mampu mengalahkan sepeda balap di trek lurus?

Pada percobaan pertama, Bajaj Qute kalah dari sepeda yang digowes oleh seorang pria. Sejak start dimulai, mobil ini tak mampu mengejar sepeda yang melesat lebih cepat, bahkan tarikan Bajaj Qute terasa lambat.

Ternyata di dalam mobil terdapat tiga orang kru dan satu pengemudi, yang di total mencapai kapasitas maksimum yakni empat orang. Hal ini lah yang jadi penyebab Bajaj Qute kalah cepat dengan sepeda karena membawa beban banyak.

Pada percobaan kedua jumlah penumpang dikurangi menjadi dua orang saja, yakni satu pengemudi dan penumpang. Pada awal start, lagi-lagi Bajaj Qute sempat tertinggal oleh sepeda yang langsung melesat cepat.

Saat setengah trek hampir dilalui, mobil kecil ini berhasil menyusul sepeda hingga akhirnya lebih dulu menyentuh garis finish. Pesepeda road bike tersebut menyusul di belakang dengan selisih waktu dua detik saja.

Tentunya ajang ini hanya untuk kesenangan semata saja dan mencari tahu seberapa jauh performa dan tenaga dari Bajaj Qute ini. Jika penasaran ingin menjajal sensasi mobil kecil tersebut, Anda bisa mencoba menaikinya di Jakarta.



Simak Video "Ngirit Ongkos, Pemudik Ini Naik Bajaj dari Jakarta ke Tegal"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)