Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 27 Juli 2017, 10:19 WIB

Bajaj Qute Pengganti Bemo, Anti Getar

Ruly Kurniawan - detikOto
Bajaj Qute Pengganti Bemo, Anti Getar Bajaj Qute Foto: Ari Saputra
Jakarta - Untuk menambah kenyamanan dan keamanan pada kendaraan umum, kini bemo telah digantikan oleh Bajaj beroda empat, Bajaj Qute.

Sebelum resmi beroperasi, selayaknya kendaraan lainnya, bajaj ini pun dilakukan uji kelayakan yang telah dimulai dari beberapa waktu lalu.

Seperti pada bajaj qute jurusan Manggarai - Rumah Sakit Cipto (RSCM) yang telah melakukannya dua hari kemarin, Adyun selaku pengendara bajaj tersebut mengaku bahwa bemo yang baru ini sangat nyaman dan aman.

"Penumpang yang naik pun dari kemarin senang naiknya, nyaman banget kata mereka," ujar Adyun.

Membuktikan hal tersebut, team detikOto langsung menduduki bangku penumpang pada bemo baru itu.

Pada saat pertama melaju, Bajaj Qute ini terasa sangat halus dan nyaman. Tidak ada lagi ditemukan sensasi getaran bemo yang khas pada bemo terbaru ini. Pada dilakukan pergantian gigi pun penumpang akan diberikan sensasi yang sama, nyaman dan halus.

Dengan dipindahkannya posisi transmisi / pedal untuk mengganti gigi menjadi di depan (menempel pada dashboard), penumpang depan pun tidak lagi merasa terganggu saat pengemudi melakukan pergantian gigi pada bemo.

Tidak sampai disitu, ketika bemo melakukan pengereman tidak terasa getaran-getaran yang mengganggu. Bahkan, saat dilakukan pengereman penuh dengan mendadak, bemo tidak lagi mengeluarkan suara dan dencitan khasnya, semua terasa 'sunyi'.

Belum lagi, bemo terbaru ini menghadirkan seatbelt yang dapat digunakan para penumpangnya sehingga menambah keamanan.

Nah, kalau Otolovers merasa bosan dikala bermacet-macetan ria, tak perlu khawatir. Pada bemo terbaru ini juga telah dihadirkan radio digital yang dapat diakses meski baru dapat mengakses siaran tertentu saja.

Kalau dulu otolovers mengeluhkan asap bemo yang selalu ngebul, tenang saja. Pada bemo yang baru ini, asap sangatlah ramah lingkungan. Penumpang tidak akan lagi menghadapi asap yang ngebul seperti bemo keluaran lama. Bahkan ketika bemo memasuki kecepatan yang cukup tinggi, asap tidak kunjung ngebul.

Tapi kalau otolovers ingin terburu-buru, jangan gunakan transportasi umum ini yaa. Karena bemo baru ini hanya dapat mengeluarkan kecepatan maksimum 50 km/jam. Ketika kecepatan melewati angka 60 km/jam, bemo terasa bergoyang. Hal ini dikarenakan muatan mesinnya yang hanya 216 cc.

Untuk tarif, tenang saja otolovers. Meski muatannya mengalami perampingan dari 7 penumpang menjadi 4 penumpang, tarif bemo tidak bertambah signifkan kok. Untuk jurusan RSCU - Mangarai otolovers hanya perlu mengeluarkan 5 ribu rupiah per orangnya saja.

Nah, masih ingin pakai kendaraan pribadi dan macet-macetan? (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +