Warga India Percaya Kotoran Sapi Tak Hanya Cegah Corona, Tapi Juga Bikin Adem Mobil

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 12 Mei 2021 18:04 WIB
Mobil Dilumuri Kotoran Sapi
Mobil dilumuri kotoran sapi Foto: Istimewa
Jakarta -

Di tengah merebaknya COVID-19, sebagian warga India masih mempercayai kotoran sapi bisa penangkap virus Corona. Tapi manfaat lain yang dipercaya yakni bisa bikin kabin mobil lebih sejuk.

Biasanya ntuk mengurangi suhu panas dalam kabin bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya dengan menggelapkan kaca film. Tapi tidak wanita asal India satu ini, Sejal Shah menempeli kotoran sapi pada Toyota Altis miliknya sejak 2019 lalu.

Kotoran sapi memang umum digunakan di India untuk membuat rumah menjadi sejuk. Seperti cat, kotoran sapi diratakan ke tembok dan juga lantai.
Itulah yang membuat Sejal Shah terinspirasi untuk melakukan hal serupa pada mobilnya.

Toyota Corolla dilumuri kotoran sapiToyota Corolla Altis dilumuri kotoran sapi Foto: Twitter Asian News International

"Ini tak hanya membuat mobil saya menjadi sejuk tapi juga membantu mengurangi posisi. Gas yang keluar ketika kita menyalakan AC mobil dapat meningkatkan suhu dan berkontribusi terhadap pemanasan global," ujar Sejal seperti dicuplik Hindustan Times.

"Dengan begitu saya bisa mengendarai mobil tanpa menyalakan AC karena kotoran sapi membuatnya tetap dingin," jelas Sejal.

Tidak hanya Sejal, pria asal Raipur, memodifikasi Suzuki Ignis miliknya dengan kotoran sapi bahkan jadi juara dalam kontes.

Mobil Berlumur Kotoran Sapi Jadi Juara ModifikasiMobil Berlumur Kotoran Sapi Jadi Juara Modifikasi Foto: Istimewa

Dicuplik Cartoq, seorang pria bernama Rajesh menjadi jawara modifikasi dengan tema daur ulang. Saat itu kesepakatannya mobil yang jadi jawara harus tampil beda.

Mobil Suzuki Ignis berkelir putih miliknya ditempeli kotoran sapi yang totalnya mencapai 21 kilogram. Ide menggunakan kotoran sapi di mobil city car-nya tersebut berhasil menggeser 30 kontestan lainnya.

Terbaru, Hyundai Elite i20, terlihat dilapisi kotoran sapi. Belum diketahui siapa pemilik mobil tersebut.

Sebelum Hyundai Elite i20 ini sudah ada beberapa mobil di India yang dilapisi kotoran sapi. Sebelumnya ada Mahindra XUV 500 yang dilakukan Dr Navnath Dudhal. Dia mengklaim kotoran sapi bisa membantu menjaga mobil tetap dingin dan menggunakan AC lebih sedikit. Dia mengklaim bahwa kotoran sapi mengurangi suhu kabin 5 hingga 7 derajat jika dibandingkan dengan suhu luar.

Tak ada penjelasan ilmiah dari pelapisan kotoran sapi pada mobil tersebut. Masyarakat di India memang menggunakan kotoran sapi di rumahnya agar tetap sejuk. Tapi, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kotoran sapi juga berfungsi pada mobil.

Mobil Dilumuri Kotoran SapiMobil Dilumuri Kotoran Sapi Foto: Istimewa

"Belum ada penelitian apakah mobil yang dilapisi kotoran sapi dapat mengusir panas. Seseorang perlu menilai dengan benar dan kemudian melangkah lebih jauh dengan metode tersebut. Saya kurang paham dengan ide melapisi mobil dengan kotoran sapi, karena begitu logamnya terkena sinar matahari akan memanas. Tetapi jika metode ini benar-benar berhasil, maka ilmuwan dan peneliti harus mengerjakannya. Kita bisa mengadopsi teknologi baru dengan melakukan itu," kata Sachin Punekar, Founder President of Biospheres, sebuah organisasi yang bekerja dengan misi melestarikan keanekaragaman hayati.

Pun demikian Berkaitan dengan kotoran sapi dengan penangkal corona. Para dokter dan ilmuwan dari India dan berbagai negara pun telah memperingatkan tentang risikonya. Namun, tetap saja mereka masih melakukan hal ini.

"Tidak ada bukti ilmiah yang konkret bahwa kotoran sapi atau urine dapat meningkatkan kekebalan terhadap COVID-19, itu sepenuhnya hanya didasarkan pada keyakinan," kata Dr JA Jayalal, national president di Indian Medical Association, dikutip dari Reuters.



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)