Dramatis, Detik-detik Land Cruiser Pengangkut Uang Ditembaki Perampok

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 04 Mei 2021 13:45 WIB
Land Cruiser ditembaki perampok
Land Cruiser ditembaki perampok Foto: Dok. Zing
Pretoria -

Sebuah potongan video dramatis beredar menunjukkan bagaimana pengawal cash in transit (CIT) -- layanan pengantaran dan penjemputan uang tunai diserang kelompok bersenjata di Pretoria, Afrika Selatan.

Dikutip Zing, Selasa (4/5/2021) mobil yang digunakan para pengawal CIT ialah Toyota Land Cruiser yang sudah dimodifikasi, salah satunya dibekali kemampuan anti-peluru alias anti tembak. Sebuah kamera yang terpasang pada kokpit Toyota Land Cruiser itu merekam bagaimana dua petugas sedang berurusan dengan perampok bersenjata.

Serangkaian peluru ditembakkan dari senjata para bandit. Terlihat pada bagian jendela pengemudi, terjadi keretakan yang disebabkan oleh peluru. Untungnya sudah ditingkatkan dengan kaca anti peluru.

Sepanjang video, petugas keamanan yang mengemudikan mobil tetap tenang meski kendaraan berkali-kali diserang peluru. Sopir itu diketahui bernama Leo, pasukan khusus South African Police Services.

Sembari mengemudi, Leo menyuruh rekannya untuk mengokang senapan otomatisnya. Setidaknya dalam rentetan serangan tersebut Leo dan rekannya mendapati 13 tembakan. Leo kemudian berbalik arah mobil dan sengaja menabrakan mobil tersebut ke kendaraan para bandit.

"Anda dapat melihat dari kamera dasbor bahwa dari awal hingga akhir dia hampir tidak bisa melepaskan kelopak mata tetapi terus-menerus menyadari di mana mereka berada dan tidak gentar ketika mereka menembaki dia dan melakukan tugasnya dengan sempurna," ujar rekan Leo seperti dicuplik Dailymail, Selasa (4/5/2021).

[Gambas:Youtube]



"Dia sudah cukup menjadi bebek yang duduk dan memutuskan untuk melawan para perampok bersenjata dan tidak akan menyerah tanpa perlawanan. Dia adalah seorang ahli menembak dan ingin memberikan sedikit kembali."

"Ketika mereka melihat Leo keluar dengan senapan otomatis dalam rompi anti peluru dan berlutut untuk membidik, mereka memutuskan bahwa mereka berhenti dan menyerah. Lalu kedua mobil itu melarikan diri." tambah dia.

Brigadier Vish Naidoo - juru bicara kepolisian nasional Afrika Selatan mengatakan insiden itu terjadi pada 22 April lalu. Dia mengatakan tersangka melepaskan beberapa tembakan ke mobil yang membawa uang dalam upaya untuk menghentikan mobil. Pada akhirnya, para bandit tersebut harus melarikan diri tanpa mendapatkan uang.

"Pengemudi kendaraan berhasil menghindari perampok tetapi kemudian berhenti dan keluar untuk melawan perampok tetapi mereka malah melarikan diri. Belum ada penangkapan yang dilakukan," kata Naidoo.

Kendaraan yang diserang adalah Toyota Land Cruiser J60 yang diproduksi selama periode 1980-1990. Potret SUV setelah selamat dari serangan meninggalkan banyak bekas peluru di kaca dan jendela samping. Bagian depan mobil juga mengalami kerusakan ringan setelah tabrakan saat berhadapan dengan para bandit.

Saat ini, pihak berwenang setempat masih berupaya untuk menangkap para pelaku kejahatan tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.



Simak Video "Tanda-tanda Land Cruiser Terbaru Masuk Indonesia, Ini Bocoran Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)