Warga Brebes Beli Honda Scoopy Pakai Uang Koin: Rp 21 Juta Dibawa Pakai 4 Tas

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 30 Apr 2021 10:55 WIB
Beli Honda Scoopy pakai uang koin
Tumpukan uang koin untuk membeli Honda Scoopy di Brebes Foto: Istimewa
Brebes -

Abdul Wahid (45), warga Karangbinangun, Kecamatan Songgom, Brebes membeli satu unit Honda Scoopy dengan uang koin. Itu berkat usahanya menabung selama empat tahun dari hasil berjualan.

Motor Honda Scoopy dengan harga Rp 21 jutaan itu ditebus untuk memenuhi permintaan sang anak yang duduk di bangku SMK.

"Anak minta motor sudah dari tiga bulan yang lalu, saya bilang nanti kalau koinnya sudah cukup," ungkap Abdul saat dihubungi detikcom, Kamis (29/4/2021).

Sehari-hari, Abdul Wahid, berjualan makanan ringan anak-anak, berjualan bensin eceran, dan rental PS 3 di dekat tempat tinggalnya. Setiap kali ada pembeli yang membayar dengan uang koin pecahan lima ratus dan seribuan langsung disisihkan, dan dimasukkan ke dalam toples.

"Ada sepupu mengingatkan melihat anak-anak beli (jajanan) pakai koin, terus dia bilang katanya 'koin dikumpulin saja nanti buat beli motor', mulai detik itu saya kumpulin," kata Abdul.

Telaten selama empat tahun hingga akhirnya pada Kamis (29/4) ia beserta istrinya mendatangi dealer Super Honda Brebes untuk menebus Honda Scoopy dengan tunai senilai Rp 21 jutaan. Sembari membawa empat tas yang berisi uang koin pecahan Rp 500 dan Rp 1.000 yang sudah dikumpulkan, dan dihitung oleh keluarga Wahid di rumah.

"Penghitungan dari rumah, pagi saya bungkusin yang Rp 500-an, dengan jumlah Rp 250 ribu. Yang koin Rp 1.000 jumlahnya Rp 500 ribu," jelas dia.

"(Uang koin dibawa) empat tas: koper kecil, sama tas ransel tiga. Totalnya pembayaran tadi Rp 21.060.000," kata Wahid.

Beli Honda Scoopy pakai uang koinBeli Honda Scoopy pakai uang koin Foto: Istimewa

Meski sedikit merepotkan karena harus menghitung kembali tumpukan koin tersebut, pihak dealer tidak mempermasalahkan. Hal ini dilakukan sebagai pelayanan bagi masyarakat yang ingin membeli motor baru, meski dengan uang pecahan kecil.

"Ya (pembayaran uang koin) harus diterima, ini salah satu pelayanan kepada konsumen," kata Lilik Prahoro, Kepala Cabang Super Honda Brebes.



Simak Video "Tanda-tanda Kehadiran Honda BR-V Terbaru "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)