Setelah Mencoba 158 Kali, Pria Ini Akhirnya Lolos Ujian SIM

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 16 Jan 2021 11:25 WIB
Holding out a driving license
Ilustrasi SIM (Getty Images/iStockphoto/roberthyrons)
Jakarta -

Seorang pria asal Inggris akhirnya berhasil lolos ujian untuk mendapatkan SIM (Surat Izin Mengemudi) di usia menginjak 42 tahun. SIM itu ia dapatkan setelah melakukan percobaan sebanyak 158 kali. Wow!

Dikutip dari Autoevolution, Driving and Vehicle Standards Agency (DVSA) di Inggris telah merilis data mengenai upaya paling banyak yang dilakukan seseorang untuk lulus tes mengemudi dalam ujian SIM.

'Penghargaan' tertinggi diberikan kepada seorang pria berusia 42 tahun dari Inggris dengan identitas yang dirahasiakan. Ia melakukan 157 percobaan hingga akhirnya melakukannya dengan benar dan lulus tes pengetahuan di percobaan ke-158.

Setelah pria tersebut, seorang wanita berusia 34 tahun juga memiliki rekor 117 percobaan, namun dia tidak pernah mendapatkan SIM-nya, dalam artian dia tidak pernah lolos ujian itu.
Sementara tempat ketiga jatuh ke tangan pria usia 32 tahun dari Wales, yang mencoba tes sebanyak 94 kali.

Begitu banyak biaya dan usaha yang harus dilakukan mereka. Pria yang melakukan uji coba sebanyak 158 kali misalnya, sudah menghabiskan sekira £ 3.634 (Rp 69,9 juta) selama melakukan seluruh uji coba tersebut.

Meski demikian, bukan berarti mereka sudah melakukan hal yang sia-sia. Mark Tongue, direktur Select Car Leasing, mengatakan bahwa itu bukanlah suatu kegagalan. Hal itu justru merupakan sebuah kisah inspiratif yang memotivasi banyak orang.

"Benar apa yang mereka katakan: Jika pada awalnya Anda tidak berhasil, coba dan coba lagi. Lulus tes mengemudi dapat menjadi salah satu tantangan hidup yang paling sulit dan beberapa dari kita membutuhkan lebih banyak upaya daripada yang lain," jelas Tongue.

"Tetapi apakah Anda gagal dalam ujian Anda sekali atau 157 kali, tidak ada salahnya untuk bangkit dan mencoba lagi - dan siapa pun yang dapat melakukannya layak mendapatkan pujian yang besar," ujarnya.



Simak Video "Catat! Segini Biaya Buat SIM Baru dan Biaya Perpanjang SIM"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)