Detik-detik Pesawat Mendarat Darurat di Tol Sampai Tabrak Mobil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 06 Des 2020 13:03 WIB
Pesawat Mendarat Darurat di Tol Sampai Menabrak Mobil
Pesawat mendarat darurat sampai menabrak mobil. Foto: Dok. Ramsey County Deputy's Federation
Minnesota -

Jalan tol kembali dijadikan lokasi mendarat darurat bagi pesawat. Sebuah pesawat kecil dengan mesin tunggal di Minnesota, Amerika Serikat, mendarat darurat di jalan tol. Pesawat mendarat darurat sampai menghantam sebuah mobil yang melaju di jalan tol.

Menurut Minnesota State Patrol, pesawat itu mendarat darurat di Interstate 35W pada malam hari. Brittany Yurik yang sedang mengemudi mobil SUV-nya tiba-tiba dihantam oleh pesawat tersebut.

"Saya melihat [pesawat] mendatangi saya mungkin satu detik sebelum kami bertabrakan," kata Yurik dilansir CBS Minnesota.

Mobilnya rusak setelah ditabrak pesawat. Namun, Yurik tidak mengalami cedera. Begitu pula pilotya Craig Gifford dan penumpangnya.

"Saya berbicara dengan [Gifford] tadi malam," kata Yurik. "Dia sangat baik. Dia sangat menyesal. Dia menjelaskan kepada saya apa yang terjadi, dan saya tidak percaya kita semua baik-baik saja. Saya pikir dia merasakan hal yang sama."

Pesawat Mendarat Darurat di Tol Sampai Menabrak MobilPesawat Mendarat Darurat di Tol Sampai Menabrak Mobil Foto: Dok. Ramsey County Deputy's Federation

Dick Knapinski, rekan pilot di Experimental Aircraft Association (EAA) dari Oshkosh, Wisconsin, mengetahui Gifford sebagai penerbang aerobatik yang sangat terampil. Dia mengatakan pendaratan darurat dilakukan dengan baik dan berjalan seperti yang yang dilatih kepada pilot.

"Saat Anda terbang, Anda mulai melihat sekeliling sambil berkata, 'Di mana saya? Jika terjadi sesuatu, di mana saya akan meletakkan pesawat ini dengan aman?'" Kata Knapinski. "Persis seperti yang dilakukan pilot ini, dan Anda harus memberinya pujian karena melakukan segalanya dengan benar untuk mempertahankannya tanpa cedera."

Knapinski mengatakan jika harus melakukan pendaratan darurat di jalan tol, pilot dilatih untuk mendarat di jalur yang searah. Hal itu dilakukan dengan baik oleh Gifford meski akhirnya menabrak sebuah SUV dari belakang.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "AS dan Jepang Larang Terbang Boeing 777"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)